MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI STRATEGI MNEMONIC DEVICE PADA KELAS IV MI ISKANDAR MUDA KOTA BATAM

Main Author: Yesi Harcan,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8787/1/2013_2013395PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8787/
ctrlnum 8787
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/8787/</relation><title>MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI&#xD; STRATEGI MNEMONIC DEVICE PADA KELAS IV&#xD; MI ISKANDAR MUDA KOTA BATAM</title><creator>Yesi Harcan, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Penelitian ini merupakan PTK (penelitian tindakan kelas) yang dilatar&#xD; belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV pada MI Iskandar Muda&#xD; kota Batam diukur dari KKM (kriteria ketuntasan Minumum) sebesar 75,&#xD; penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran&#xD; Mnemonic Device dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran IPA siswa&#xD; kelas IV sekaligus sebagai subjek penelitian, objek dalam penelitian ini adalah&#xD; penerapan strategi pembelajaran Mnemonic Device di MI Iskandar Muda Kota&#xD; Batam.&#xD; Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang penulis lakukan&#xD; sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui&#xD; observasi aktivitas guru dan siswa serta tes tertulis, sementara teknik analisis data&#xD; yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dengan persentase individual&#xD; dan klasikal.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian sebelum diadakan tindakan, ketuntasan hasil&#xD; belajar siswa berdasarkan kriteria ketuntasan yang ditetapkan yakni 75 baru&#xD; mencapai 62% ketuntasan semetara diharapkan ketuntasan secara klasikal&#xD; diharapkan mencapai 80%, setelah dilakukan tindakan pada siklus pertama hasil&#xD; yang dicapai naik menjadi 81% hasil yang sangat memuaskan dan sudah&#xD; mencapai target keberhasilan, namun peneliti melakukan kembali penelitian pada&#xD; siklus ke II dengan tujuan meyakinkan penulis apakah strategi ini dapat&#xD; meningkatkan hasil belajar pada materi yang berbeda dan setelah dilakukan&#xD; tindakan pada siklus ke II mencapai hasil 90% ketuntasan secara klasikal dengan&#xD; kategori istimewa, maka akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi&#xD; pembelajaran Mnemonic Device dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV&#xD; MI Iskandar Muda Kota Batam.</description><date>2013-11-06</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/8787/1/2013_2013395PGMI.pdf</identifier><identifier> Yesi Harcan, (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI STRATEGI MNEMONIC DEVICE PADA KELAS IV MI ISKANDAR MUDA KOTA BATAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>8787</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Yesi Harcan,
title MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI STRATEGI MNEMONIC DEVICE PADA KELAS IV MI ISKANDAR MUDA KOTA BATAM
publishDate 2013
topic 372.2 Sekolah Dasar
SD
url http://repository.uin-suska.ac.id/8787/1/2013_2013395PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8787/
contents Penelitian ini merupakan PTK (penelitian tindakan kelas) yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV pada MI Iskandar Muda kota Batam diukur dari KKM (kriteria ketuntasan Minumum) sebesar 75, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran Mnemonic Device dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran IPA siswa kelas IV sekaligus sebagai subjek penelitian, objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran Mnemonic Device di MI Iskandar Muda Kota Batam. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang penulis lakukan sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi aktivitas guru dan siswa serta tes tertulis, sementara teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dengan persentase individual dan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian sebelum diadakan tindakan, ketuntasan hasil belajar siswa berdasarkan kriteria ketuntasan yang ditetapkan yakni 75 baru mencapai 62% ketuntasan semetara diharapkan ketuntasan secara klasikal diharapkan mencapai 80%, setelah dilakukan tindakan pada siklus pertama hasil yang dicapai naik menjadi 81% hasil yang sangat memuaskan dan sudah mencapai target keberhasilan, namun peneliti melakukan kembali penelitian pada siklus ke II dengan tujuan meyakinkan penulis apakah strategi ini dapat meningkatkan hasil belajar pada materi yang berbeda dan setelah dilakukan tindakan pada siklus ke II mencapai hasil 90% ketuntasan secara klasikal dengan kategori istimewa, maka akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi pembelajaran Mnemonic Device dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Iskandar Muda Kota Batam.
id IOS7815.8787
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:08:56Z
last_indexed 2019-07-31T02:08:56Z
recordtype dc
_version_ 1674821925866569728
score 17.538404