MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI STRATEGI MNEMONIC DEVICE PADA KELAS IV MI ISKANDAR MUDA KOTA BATAM
Main Author: | Yesi Harcan, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8787/1/2013_2013395PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8787/ |
ctrlnum |
8787 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/8787/</relation><title>MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI
STRATEGI MNEMONIC DEVICE PADA KELAS IV
MI ISKANDAR MUDA KOTA BATAM</title><creator>Yesi Harcan, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Penelitian ini merupakan PTK (penelitian tindakan kelas) yang dilatar
belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV pada MI Iskandar Muda
kota Batam diukur dari KKM (kriteria ketuntasan Minumum) sebesar 75,
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran
Mnemonic Device dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran IPA siswa
kelas IV sekaligus sebagai subjek penelitian, objek dalam penelitian ini adalah
penerapan strategi pembelajaran Mnemonic Device di MI Iskandar Muda Kota
Batam.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang penulis lakukan
sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui
observasi aktivitas guru dan siswa serta tes tertulis, sementara teknik analisis data
yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dengan persentase individual
dan klasikal.
Berdasarkan hasil penelitian sebelum diadakan tindakan, ketuntasan hasil
belajar siswa berdasarkan kriteria ketuntasan yang ditetapkan yakni 75 baru
mencapai 62% ketuntasan semetara diharapkan ketuntasan secara klasikal
diharapkan mencapai 80%, setelah dilakukan tindakan pada siklus pertama hasil
yang dicapai naik menjadi 81% hasil yang sangat memuaskan dan sudah
mencapai target keberhasilan, namun peneliti melakukan kembali penelitian pada
siklus ke II dengan tujuan meyakinkan penulis apakah strategi ini dapat
meningkatkan hasil belajar pada materi yang berbeda dan setelah dilakukan
tindakan pada siklus ke II mencapai hasil 90% ketuntasan secara klasikal dengan
kategori istimewa, maka akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi
pembelajaran Mnemonic Device dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV
MI Iskandar Muda Kota Batam.</description><date>2013-11-06</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/8787/1/2013_2013395PGMI.pdf</identifier><identifier> Yesi Harcan, (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI STRATEGI MNEMONIC DEVICE PADA KELAS IV MI ISKANDAR MUDA KOTA BATAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>8787</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Yesi Harcan, |
title |
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI
STRATEGI MNEMONIC DEVICE PADA KELAS IV
MI ISKANDAR MUDA KOTA BATAM |
publishDate |
2013 |
topic |
372.2 Sekolah Dasar SD |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/8787/1/2013_2013395PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8787/ |
contents |
Penelitian ini merupakan PTK (penelitian tindakan kelas) yang dilatar
belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV pada MI Iskandar Muda
kota Batam diukur dari KKM (kriteria ketuntasan Minumum) sebesar 75,
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran
Mnemonic Device dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran IPA siswa
kelas IV sekaligus sebagai subjek penelitian, objek dalam penelitian ini adalah
penerapan strategi pembelajaran Mnemonic Device di MI Iskandar Muda Kota
Batam.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang penulis lakukan
sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui
observasi aktivitas guru dan siswa serta tes tertulis, sementara teknik analisis data
yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dengan persentase individual
dan klasikal.
Berdasarkan hasil penelitian sebelum diadakan tindakan, ketuntasan hasil
belajar siswa berdasarkan kriteria ketuntasan yang ditetapkan yakni 75 baru
mencapai 62% ketuntasan semetara diharapkan ketuntasan secara klasikal
diharapkan mencapai 80%, setelah dilakukan tindakan pada siklus pertama hasil
yang dicapai naik menjadi 81% hasil yang sangat memuaskan dan sudah
mencapai target keberhasilan, namun peneliti melakukan kembali penelitian pada
siklus ke II dengan tujuan meyakinkan penulis apakah strategi ini dapat
meningkatkan hasil belajar pada materi yang berbeda dan setelah dilakukan
tindakan pada siklus ke II mencapai hasil 90% ketuntasan secara klasikal dengan
kategori istimewa, maka akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi
pembelajaran Mnemonic Device dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV
MI Iskandar Muda Kota Batam. |
id |
IOS7815.8787 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:08:56Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:08:56Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821925866569728 |
score |
17.538404 |