MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS MELALUI MEDIA VISUAL MICROSOFT POWERPOINT PADA SISWA KELAS V SD AL-AZHAR BATAM
Main Author: | Hidayat, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8767/1/2013_2013371PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8767/ |
Daftar Isi:
- Belajar adalah suatu proses yang kompleks yang terjadi pada diri setiap orang sepanjang hidupnya, karena itu belajar dapat terjadi dimana saja dan kapan saja, pertanda bahwa seseorang telah belajar adanya perubahan tingkah laku pada orang tersebut, akan tetapi kepiawaian guru dalam mengajar sangat menentukan hasrat dan minat belajar siswa, tanpa minat belajar, maka tujuan pembelajaran sulit untuk tercapai. Mengetahui apakah media visual Microsoft Powerpoint dapat meningkatkan minat belajar siswa adalah tujuan dari penelitian ini, subjeknya adalah guru dan siswa kelas V SD Al-Azhar Batam, sementara objeknya adalah penggunaan media visual Microsoft Powerpoint pada mata pelajaran IPS. Tulisan ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan tiga siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi aktivitas guru dan siswa, sementara teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan selama tiga siklus, maka akhir dari penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media visual Microsoft Powerpoint dapat meningkatkan minat belajar siswa Kelas V SD Al-Azhar Batam hal ini diketahui dari sebelum diadakan penelitian, minat belajar siswa sangat rendah, berdasarkan study awal diperoleh persentase minat belajar siswa sebesar 55%. Setelah tindakan melalui media visual Microsoft Powerpoint, minat belajar siswa pada siklus pertama meningkat menjadi 60%, pada siklus kedua minat belajar siswa mencapai persentase 73%, dan pada siklus III mengalami peningkatan mencapai nilai persentase 89%.