PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEMBAGIKAN PEMIKIRAN SECARA TEPAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001 SEKIJANG KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Irawati,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8761/1/2013_2013872PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8761/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Sekijang Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran membagikan pemikiran secara tepat dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains pokok bahasan daur air dan peristiwa alam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Sekijang Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar?. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Sekijang Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar yang berjumlah 15 orang siswa, terdiri dari 9 orang lakilaki dan 6 orang perempuan Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran membagikan pemikiran secara tepat untuk meningkatkan hasil belajar Sains. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan tes. Penerapan model pembelajaran membagikan pemikiran secara tepat dikatakan berhasil apabila hasil belajar siswa 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65. Setelah dilaksanakan penelitian diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan siswa yang tuntas sebanyak 9 orang siswa atau ketuntasan siswa hanya mencapai 60,00%, sedangkan pada siklus pertama meningkat menjadi 11 orang siswa atau ketuntasan telah mencapai 73,33%. Setelah dilakukan tindakan perbaikan yaitu pada siklus II ternyata ketuntasan siwa mencapai 14 orang siswa atau ketuntasan siswa telah mencapai 93,33%. Artinya hasil belajar siswa telah 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan model pembelajaran membagikan pemikiran secara tepat, hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Sekijang Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar dapat ditingkatkan. Kata Kunci : Model Pembelajaran Membagikan Pemikiran Secara Tepat, Hasil Belajar, Sains