MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA BERBASIS VISUAL PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS IVC SEKOLAH DASAR NEGERI 183 PEKANBARU
Main Author: | Dona Amelia, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8757/1/2013_2013866PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8757/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di kelas IVC SDN 183 Pekanbaru, terdapat masalah dalam proses pembelajaran sains. Sehingga berdampak pada rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media berbasis visual yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sains kelas IVC SDN 183 Pekanbaru. Permasalahan yang penulis kaji dalam penelitian ini yaitu bagaimana meningkatkan motivasi belajar siswa melalui media berbasis visual pada mata pelajaran sains materi pokok perubahan lingkungan siswa kelas IVC SDN 183 Pekanbaru. Prosedur penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun tahapan-tahapan yang dilalui dalam PTK, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVC SDN 183 Pekanbaru pada tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah guru 1 orang dan jumlah siswa sebanyak 38 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah media berbasis visual yang akan diterapkan pada mata pelajaran sains di SDN 183 Pekanbaru. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi yang digunakan untuk mengamati aktivitas guru, aktivitas siswa, dan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian motivasi belajar siswa dari sebelum tindakan hanya mencapai persentase 54,13%. Setelah dilaksanakan tindakan motivasi belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 mencapai 72,93%. Kemudian pada pertemuan 2 motivasi belajar siswa meningkat menjadi 79,70%. Pada siklus II motivasi belajar siswa sudah mencapai persentase 89,85%. Hasil ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran dalam upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui media berbasis visual pada mata pelajaran sains di kelas IVC SDN 183 Pekanbaru sudah dikatakan meningkat.