PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH ASY-SYAFA’AT KECAMATAN KANDIS KABUPATEN SIAK
Main Author: | Rusmanidar, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8747/1/2013_2013350PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8747/ |
Daftar Isi:
- Memperhatikan hasil refleksi awal siswa kelas V MI Asy-Syafa’at Kecamatan Kandis Kabupaten Siak, yaitu rendahnya hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran matematika siswa kelas V MI Asy-Syafa’at Kecamatan Kandis Kabupaten Siak pada materi sifat-sifat bangun ruang. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V MI ASy-Syafa’at Kecamatan Kandis Kabupaten Siak dengan jumlah siswa yang diteliti yaitu sebanyak 12 orang, yakni 11 orang laki-laki dan satu orang perempuan. Penelitian ini dimulai pada semester Genap bulan Januari 2012 hingga Februari 2012. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari observasi terhadap aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan teknik pengumpulan data berupa tes yang dilakukan pada bagian akhir proses pembelajaran dengan materi yang telah dipelajari. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui dua siklus dan kegiatan pra tindakan, dengan KKM yang telah ditetapkan oleh madrasah yakni 60 untuk mata pelajaran matematika. Pada kegiatan pra tindakan siswa yang mencapai KKM hanya 7 dari 12 orang ( 58,3%), siklus I diketahui bahwa hasil belajar siswa yang mencapai KKM berjumlah 8 dari 12 orang siswa (66,6 % ), dan setelah dilakukan perbaikan pada siklus II maka meningkat menjadi 11 dari 12 orang siswa ( 91% )dari keseluruhan jumlah siswa yang diteliti. Dari data ini menunjukkan bahwa hipotesis yang berbunyi “ Jika penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif digunakan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MI Asy-Syafa’at Kecamatan Kandis Kabupaten Siak dapat “diterima”.