PENERAPAN STRATEGI MENJAWAB SECARA BERGANTIAN BERPOLA LINGKARAN ROUND ROBIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 014 SUNGAI PUTIH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Ahmad, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8743/1/2013_2013774PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8743/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar IPS siswa kelas V SDN 014 Sungai Putih melalui strategi Menjawab Secara Bergantian Berpola Round Robin pada materi kegiatan ekonomi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 014 Sungai Putih tahun ajaran 2012/2013. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi melalui strategi Menjawab Secara Bergantian Berpola Round Robin kelas V SDN 014 Sungai Putih. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action research). Penelitian ini dirancang melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Implementasi penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Data yang dikumpulkan pada setiap kegiatan observasi dari pelaksanaan setiap siklus penelitian dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam setiap kegiatan penelitian. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi siswa kelas V SDN 014 Sungai Putih. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa pada hasil ulangan materi sebelum digunakan strategi Menjawab Secara Bergantian Berpola Round Robin secara klasikal 46.66%, sedangkan melalui strategi Menjawab Secara Bergantian Berpola Round Robin pada siklus I secara klasikal hasil belajar siswa diperoleh 66.66%, pada siklus II 90%.