MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DALAM MEMAHAMI ORGAN TUBUH MANUSIA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI TARBIYAH ISLAMIAH KEC. KUNDUR UTARA KAB. KARIMUN

Main Author: Hermawati,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8716/1/2013_2013692PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8716/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa di MI Tarbiyah Islamiyah Kundur, hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa sebelum tindakan yang sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas VI MI Tarbiyah Islamiyah Kec. Kundur Utara Kab. Karimun dan yang menjadi subjek adalah guru serta siswa Kelas VI sedangkan objeknya penerapan Active Knowledge Sharing. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dua kali pertemuan, agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan, peneliti menyusun tahapan dimulai dari Perencanaan tindakan, Pelaksanaan tindakan, Observasi dan Refleksi, Kemudian data diolah menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terjadinya peningkatan aktivitas siswa dalam pelajaran IPA, sebelum tindakan, hasil belajar siswa secara klasikal memperoleh persentase 54,9%, pada siklus I aktivitas meningkat menjadi 59,6%, sedangkan pada siklus II aktivitas siswa mencapai persentase 83,5% dengan demikian penggunaan teknik Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan aktivitas siswa.