IMPLEMENTASI ASPEK AFEKTIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 BAGAN SINEMBAH KEPENGHULUAN PASIR PUTIH KABUPATEN ROKAN HILIR
Main Author: | Nur Sri Wulandari, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8652/1/2013_201363PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8652/ |
Daftar Isi:
- Implementasi yang dimaksud disini adalah Implementasi aspek afektif dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam. Dalam belajar mengajar aspek afektif merupakan hal yang sangat penting karena dengan implementasi aspek afektif ini dapat mengetahui sejauh mana aspek afektif siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi aspek aspek afektif dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi aspek afektif dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islamdi Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bagan Sinembah Kepenghuluan Pasir Putih Kabupaten Rokan Hilir. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan presentase. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi aspek afektif dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bagan Sinembah Kepenghuluan Pasir Putih Kabupaten Rokan Hilir observasi siswa yaitu 63.54%, dan hasil angket yang disebarkan mengenai data guru adalah 95.41%. Maka dapat dikategorikan untuk hasil observasi siswa “cukup baik” dan untuk hasil angket mengenai guru dikategorikan “baik.”