EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 024 TARAI BANGUN KEC. TAMBANG KAB. KAMPAR

Main Author: Wahyu Iskandar,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8633/1/2013_2013265PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8633/
Daftar Isi:
  • Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiefektifitasnya penggunaan media gambar dalam pembelajaran matematika kelas II di Sekolah Dasar Negeri 024 Taraibangun Kec. Tambang Kab. Kampar. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimana Efektifitas penggunaan media gambar dalam pembelajaran matematika kelas II di Sekolah Dasar Negeri 024 Taraibangun dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya?” Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat Deskriptif dengan prosentase dengan yaitu dengan cara, apabila data yang telah terkumpul, maka diklasifikasikan menjadi dua yaitu kualitatif dan kuntitatif. Data kualitatif yaitu digabarkan dengan kata-kata atau kalimat yang dipisahpisahkan menurut kategori untuk memperoleh sebuah kesimpulan. Adapun data kualitatifyaitu yang berwujudangkaangkahasilperhitungandapatdiprosesdengancaradijumlahkandandibandingkandenganj umlah yang diharapkandandiprolehpersentase. Berdasarkanhasilanalis data dapatdiambilkesimpulanbahwaEfekttifitas penggunaan media gambar dalam pembelajaran matematika siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 024 Tarai bangun Kecamatan Tampang Kabupaten Kampar tergolong kurang efektif, terlihat dari observasi dan wawancara yang penulis lakukan berkaitan tentangg efektifitas penggunaan media gambar dalam pembelajaran matematika kelas II tersebut sebanyak 4 kali observasi pada masing-masing guru matematika yang berjumlah 5 orang, maka dapatlah diketahui rekapitulasi hasil observasi dimana telah didapati alternatif jawaban “Ya” berjumlah 122 kali(61 %), angka persentase ini berada pada rentang nilai 50%-75%.