PENGGUNAAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI DALU-DALU KABUPATEN ROKAN HULU
Main Author: | Ummiana Hermita, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8624/1/2013_201331PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8624/ |
Daftar Isi:
- Penelitianinidilakukanuntukmenjawaperumusanmasalahyaitubagaimana PenggunaanStrategiKooperative Learning TipeSTADpada Mata PelajaranAqidahAkhlak di Madrasah TsanawiyahNegeriDalu DaluKabupatenRokanHuludanapa factor yang mempengaruhinya. Populasidalampenelitianiniadalahseluruh guru matapelajaranAqidahAkhlak di Madrasah TsanawiyahNegeriDalu-DaluKabupatenRokanHulu yang berjumlah 3 orang, karenapopulasisedikitmakapenulismenggunakantekniksampeljenuhatausensusdim anaseluruhpopulasimenjadisampel.Subjekdalampenelitianiniadalah guru matapelajaranAqidahAkhlak di Madrasah TsanawiyahNegeriDalu-Dalu, sedangkanobjeknyaadalahPenggunaanStrategiKooperative Learning Tipe STAD pada Mata PelajaranAqidahAkhlak di Madrasah TsanawiyahNegeriDalu DaluKabupatenRokanHuluolehguru.Untukmengumpulkan data penulismenggunakanmetodeobservasi, wawancara, dandokumentasi.Setelah data terkumpulmakadianalisadenganrumuspersentase, karenapenelitianiniadalapenelitiandeskriftif. Setelahpenulissajikandanpenulisanalisa, makadapatdisimpulkanbahwaPenggunaanStrategiKooperative Learning Tipe STAD pada Mata PelajaranAqidahAkhlak di Madrasah TsanawiyahNegeriDalu DaluKabupatenRokanHulutergolong “cukup”denganpersentase73.33%, hasilinitermasukkedalamkategoricukupdenganrentang 56-75%. Adapunfaktor faktor yang mempengaruhinyaadalahlatarbelakangpendidikan guru yang bukanberasaldarikeguruan, sehingga guru bidangstudikurangmemahamipenggunaanstrategidanpenggunaanmedia.Faktor lain adalahtidakadanyakerjasamaantara guru bidangstudiAqidahAkhlak, sehingga guru bidangstudisangatjarangbertukarpendapatmengenaistrategiterbaru. Faktorterakhiradalahketerampilan guru dalammenggunakan media sangatminim.Halinijugadisebabkandarilatarbelakangpendidikan guru.