Pengaruh Model Problem Based Instruction (PBI) dalam Pendekatan Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Regulated Siswa di SMPN Kota Pekanbaru

Main Author: Risnawati,
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8614/1/Makalah%20andalas%20KPM%20%26%20Kemandirian%20Belajar%20baru.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8614/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar terhadap matematika siswa yang memiliki IQ tinggi, IQ sedang dan IQ rendah yang mendapatkan model PBI dalam pendekatan ATI dan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Selain itu, diungkap pula interaksi antara model pembelajaran dengan IQ dalam mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika dan kemandirian belajar siswa terhadap matematika. Populasi penelitian ini adalah siswa SMPN Kota Pekanbaru dengan level rendah yang berjumlah 31 sekolah. Dari 31 sekolah dipilih satu sekolah sebagai subjek penelitian dengan 3 kelas kontrol dan 3 kelas eksperimen sebagai sampel. Selanjutnya dilakukan tes IQ untuk menentukan IQ tinggi, IQ sedang dan IQ rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari instrumen pelaksanaan penelitian dan instrumen pengumpulan data. Instrumen pengumpulan adalah tes IQ, tes kemampuan pemecahan masalah, dan kemandirian belajar, sedangkan instrumen pelaksanaan penelitian yaitu RPP, Modul, dan LKS. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif yang digunakan adalah Anava dua jalur. Sedangkan analisis kualitatif digunakan untuk menelaah kesulitan yang ditemui siswa dalam memahami pemecahan masalah dan kemandirian belajar terhadap matematika. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1)Terdapat perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa IQ tinggi, IQ sedang dan IQ rendah. 2)Terdapat perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematika siswa IQ tinggi dan siswa IQ sedang yang diajar dengan PBI dan Konvensional, sedangkan siswa IQ rendah tidak terdapat perbedaan. 3)Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan IQ dalam mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. 4)Terdapat perbedaan kemandirian belajar matematika antara siswa IQ tinggi, IQ sedang dan IQ rendah. 5)Terdapat perbedaan kemandirian belajar matematika siswa yang diajar dengan PBI dan konvensional pada IQ rendah, sedangkan IQ tinggi dan sedang tidak terdapat perbedaan. 6) Terdapat interaksi antara model dan IQ dalam mempengaruhi kemandirian belajar matematika siswa Kata Kunci: Problem Based Instruction, Aptitude Treatment and Interaction, Pemecahan Masalah, dan Kemandirian Belajar.