PENGARUH PEMBERIAN GANJARAN (REWARD) DAN HUKUMAN (PUNISHMENT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TERPADU FATAHA KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK

Main Author: Deti Deswati Rahman,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8595/1/2012_20121363.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8595/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pemberian ganjaran (reward) dan hukuman (punishment) terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam di SMP Terpadu Fataha Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Subyek penelitiannya adalah prestasi belajar siswa, sedangkan obyeknya adalah ganjaran (reward) dan hukuman (punishment). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII dan VIII yang berjumlah 127. Karena populasi penulis dianggap banyak, maka penulis mengadakan penarikan sampel. Penarikan sampel penulis lakukan dengan propotional random sampling sebesar 25%. Dengan demikian sampel penelitian ini berjumlah 32 orang siswa. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini maka penulis menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Angket yang penulis sebarkan merupakan angket tertutup, terdiri dari tiga alternative yaitu a,b, dan c. Selanjutnya untuk mendapatkan data prestasi belajar siswa penulis menggunakan teknik dokumentasi yaitu merekapulasi dari nilai-nilai rapor siswa semester II (genap) yang diperoleh dari guru agama Islam. Setelah data terkumpul menggunakan teknik anĂ¡lisis data regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh pemberian ganjaran (reward) dan hukuman (punishment) terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan anĂ¡lisis dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan pemberian ganjaran (reward) dan hukuman (punishment) terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam di SMP Terpadu Fataha Kecamatan Tualang Kabupaten Siak terlihat dari hasil.