PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN METODE STRUKTURAL ANALISIS SINTETIK PADA SISWA KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI LUBUK KEMBANG SARI KECAMATAN UKUI KABUPATEN PELALAWAN

Main Author: Farida Martiningsih,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8594/1/2012_2012960.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8594/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh ditemukannya beberapa gejala yang timbul pada saat pembelajaran berlangsung di antaranya kurangnya siswa yang memahami huruf dengan baik dan benar, banyak siswa yang tidak dapat membaca, serta banyak siswa yang tidak berlatar belakang pendidikan Taman Kanak-Kanak atau Raudhatul Atfal sebelum melanjutkan sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Lubuk Kembang Sari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan membaca permulaan dapat ditingkatkan dengan menggunakan Metode SAS pada siswa kelas I di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Lubuk Kembang Sari Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru yang berperan langsung dalam proses pembelajaran .Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 23 orang dengan objek penelitian kemampuan membaca permulaan siswa dan metode SAS. Pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi, dan tes lisan. Sedangkan jenis pengumpulan data yang digunakan adalah data kualitatif. Yang kemudian data kualitatif tersebut dirubah dalam bentuk nilai kuantitatif. Penelitian ini berlangsung dengan 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Dari hasil observasi sebelum tindakan, kemampuan membaca permulaan siswa mencapai rata-rata 49% dengan rentang sedang, pada siklus I menjadi 67% dengan rentang tinggi. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan lagi menjadi 82% dengan rentang sangat tinggi