MENINGKATKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI KISAH NABI ADAM MELALUI PENERAPAN STRATEGI DIRECTED READING THINGKING ACTIVITY (DRTA) SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 022 TAMPAN PEKANBARU

Main Author: Dewi Fitria,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8592/1/2012_2012958.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8592/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun rumusan masalahnya adalah “Apakah Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV SD Negeri 022 Tampan Pekanbaru?” Tujuan dari penelitian ini adalah “Untuk mengetahui apakah penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV SD Negeri 022 Tampan Pekanbaru”. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu pendidik yang berperan langsung dalam proses belajar mengajar. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang. Sedangkan objeknya adalah “Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) materi kisah nabi Adam siswa kelas IV SD Negeri 022 Tampan Pekanbaru. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA)dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV SD Negeri 022 Tampan Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan/persiapan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi dan dianalisis dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Melalui tiga siklus dapat dijelaskan hasil belajar siswa meningkat. Sebelum tindakan hasil belajar siswa memperoleh angka persentase 52,8% pada kategori sedang. Pada siklus I memperoleh angka persentase 68,2% juga pada kategori sedang. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan rata-rata 75,9% dengan kategori baik, sedangkan hasil belajar siswa pada siklus III terjadi lagi peningkatan dengan rata-rata nilai 79,6 juga kategori “Baik”.