PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 016 TANJUNG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Amipa,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8558/1/2012_2012832.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8558/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 016 Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan penerapan Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match di kelas V SDN 016 Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penggunaan Pembelajaran Aktif Index Card Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan pembelajaran aktif tipe Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V SDN 016 Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar Kam. Pada siklus siswa yang tuntas adalah 18 orang siswa atau ketuntasan telah mencapai 64,29%. Namun secara klasikal atau secara keseluruhan hasil belajar siswa belum 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, secara individu sebagian masih ada siswa yang tidak tuntas. Setelah dilakukan tindakan perbaikan yaitu pada siklus II ternyata ketuntasan siwa mencapai 22 orang siswa atau dengan persentase 78,57%.