PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERTUKAR PASANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS V SDN 012 KOTO TUO BARAT KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Eni Kusumahara,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8526/1/2012_2012689.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8526/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V SDN 012 Koto Tuo Barat Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Bertukar Pasangan dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V SDN 012 Koto Tuo Barat Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian in adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 012 Koto Tuo Barat Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar yang berjumlah 15 orang siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan teknik model pembelajaran kooperatif teknik bertukar pasangan dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif teknik bertukar pasangan dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas V SDN 012 Koto Tuo Barat Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Ketuntasan siswa pada sebelum tindakan hanya mencapai 8 orang (53,33) siswa yang tuntas, sedangkan 7 orang siswa (46,67%) belum tuntas. Sedangkan pada siklus I ketuntasan siswa meningkat menjadi 10 orang (66,67%) siswa yang tuntas, sedangkan 5 orang siswa (33,33%) belum tuntas. Sedangkan pada siklus II ketuntasan siswa telah melebihi 75%, yaitu dengan ketuntasan sebesar 80,00% atau sekitar 12 orang siswa yang mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65.