PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING (PEMECAHAN MASALAH) DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR`AN HADITS DI MADRASAH ALIYAH NURUL WATHAN PASAR KEMBANG KECAMATAN KERITANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Main Author: Rosmiati,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8509/1/2012_2012625.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8509/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode problem solving dalam pembelajran al-Qur`an Hadits dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi menggunaan metode problem solving dalam pembelajaran al-Qur`an Hadits di Madrasah Aliyah Nurul Wathan Pasar Kembang Indragiri Hilir, penulis memberikan empat kategori yaitu: Sangat Efektif, Efektif, Kurang Efektif, Tidak Efektif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar mata pelajaran al Qur`an Hadits kelas dua yang berjumlah satu orang, yang mana hal ini disesuaikan dengan materi yang membutuhkan penggunaan metode problem solving. Sedangkan objeknya adalah Penggunaan Metode Problem solving Dalam Pembelajaran al-Qur`an Hadits di Madrasah Aliyah Nurul Wathan Pasar Kembang Kecamatan Keritang Indragiri Hilir. Berdasarkan hasil penyajian dan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Metode Problem Solving Dalam Pembelajaran al-Qur`an Hadits di Madrasah Aliyah Nurul Wathan Pasar Kembang Kecamatan Keritang Indragiri Hilir dikategorikan “Kurang Efektif” kenyataan ini sesuai dengan hasil observasi dan wawancara yang telah dilaksanakan dengan hasil: 55.32%. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah: latar belakang pendidikan guru, alokasi waktu dalam proses pembelajaran kurang maksimal, sarana dan prasarana yang kurang memadai, minat belajar siswa kurang.