PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 9 SIAK KECAMATAN LUBUK DALAM KABUPATEN SIAK
Main Author: | Rino Sugiarto, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8502/1/2012_2012621.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8502/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan antara pemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 9 Siak. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 9 Siak, sedangkan objeknya adalah pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 9 Siak berjumlah 362 orang dan diambil sampelnya 20% dari 362 orang berjumlah 78 orang. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (pemanfaatan perpustakaan) dan variabel Y (hasil belajar siswa). Metode analisis korelasi data yang dipergunakan dalam penelitian ini korelasi Product Moment. Berdasarkan perhitungan diatas maka diketahui bahwa nilai r0 (hitung) = 0,0245 sedangkan r tabel untuk n 78 pada = 0,05 adalah 0,217, karena r hitung < r tabel atau, 0,0245 < 0,217, dengan demikian variabel X (pemanfaatan perpustakaan) dan variabel Y (hasil belajar siswa) tidak terdapat pengaruh. Maka ditarik kesimpulan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 9 Siak ”Ho diterima” dengan sendirinya” Ha ditolak”.