PENGARUH PENERAPAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH BAHRUL ULUM KECAMATAN UKUI KABUPATEN PELALAWAN
Main Author: | Ulfatun Ni’mah, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8479/1/2012_2012408.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8479/ |
Daftar Isi:
- MTs Bahrul Ulum Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan merupakan satu dari sekian banyak Madrasah yang menerapkan Pendidikan Agama Islam sebagai pelajaran penting dalam kurikulumnya menuangkan lima unsur pendidikan Islam dalam lima buah mata pelajaran yang mencakup pendidikan agama Islam yaitu: Fiqih, Qur’an Hadist, Akidah Akhlak, Sejarah Kebudayaan Islam dan Bahasa Arab. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru Fiqih dan 15 siswa kelas VIII MTs Bahrul Ulum, Sedangkan objek penelitian ini adalah Penerapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Korelasi Prudact Moment. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan hasil belajar Fiqih kelas VIII MTs bahrul Ulum kecamatan Ukui kabupaten Pelalawan. Penerapan RPP oleh guru Fiqih dapat dikategorikan tinggi dengan nilai 80. Hasil belajar Fiqih tergolong sangat tinggi dengan nilai rata-rata 84,33. Setelah diuji korelasi antara penerapan RPP dengan hasil belajar Fiqih menggunakan koefisien korelasi product moment didapatkan = 0,416 ≤ pada taraf siqnifikan 1% (0,641) ataupun 5% (0,514). Dengan demikian tidak ada pengaruh yang signifikan antara penerapan RPP dengan hasil belajar Fiqih. Untuk mengetehui besarnya pengaruh penerapan RPP terhadap hasil Belajar Fiqih di uji menggunakan Rumus koefisien Determinasi dan diperoleh hasil 17.3% Hal ini menunjukkan bahwa RPP tidak sepenuhnya memengaruhi hasil belajar Fiqih. Masih ada 82,7% faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis juga mempengaruhi hasil belajar Fiqih