PENGARUH PRAKTIKUM SHALAT TERHADAP PENGAMALAN SHALAT DZUHUR BERJAMAAH SISWA MADRASAH TSANAWIYAH HASANAH PEKANBARU

Main Author: Fitria Wanti,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8471/1/2012_2012314.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8471/
Daftar Isi:
  • Dalam pengajaran di sekolah, kegiatan belajar sangat tergantung pada kegiatan mengajar guru, karena belajar pada hakikatnya adalah membimbing siswa belajar. Seorang pembimbing harus memberikan pembinaan, arahan, dan petunjuk tentang tata cara atau keterampilan dalam melakukan gerakan-gerakan ibadah shalat wajib yang dapat direalisasikan dalam bentuk kegiatan praktikum sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Ibadah shalat adalah berkaitan dengan hubungan perbuatan manusia dengan Sang pencipta yakni Allah SWT, oleh karena itu mempraktikkan ibadah shalat sebaiknya dilakukan sedini mungkin supaya anak terbiasa untuk mengamalkan di kehidupan sehari hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara praktikum shalat terhadap pengamalan shalat Dzuhur berjamaah siswa MTs Hasanah Pekanbaru. Berdasarkan data yang diperoleh di lapangan dan setelah dianalisa, maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat pengaruh antara kedua variabel berada pada kategori cukup kuat, yaitu 0,470. Koefisien Determinasi (R Square) adalah 0,221. Kontribusi pratikum shalat terhadap pengamalan shalat Dzuhur berjamaah siswa MTs Hasanah Pekanbaru adalah sebesar 47% selebihnya ditentukan oleh variabel lain. Kesimpulan pengujian Hipotesis adalah hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan dalam penelitian ini yang berbunyi “Ada pengaruh yang signifikan antara pratikum shalat terhadap pengamalan shalat Dzuhur berjamaah siswa MTs Hasanah Pekanbaru Ha dapat diterima, dengan sendirinya Ho ditolak ”. Jadi, dengan demikian dapat disimpulkan juga bahwa pengamalan shalat Dzuhur berjamaah siswa selain dipengaruhi oleh praktikum shalat dalam pembelajaran materi tentang shalat akan tetapi ada faktor lain yang turut mempengaruhinya yaitu faktor pengawasan oleh semua guru, faktor kedisiplinan diri yang tinggi serta faktor pengajaran shalat oleh orang tua di rumah.