EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI MADRASAH ALIYAH AL-ISLAM RUMBIO KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Ahmad Parwis,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8444/1/2012_2012135.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8444/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pembelajaran kitab kuning di MA Al-Islam Rumbio Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru Kitab Kuning dan seluruh siswa kelas dua MA Al-Islam yang berjumlah 38 orang, Sedangkan objek penelitian ini adalah efektifitas pembelajaran kitab kuning di MA Al-Islam Rumbio Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket, tes dan dokumentasi sementara, teknik pengelolaan data menggunakan cara deskriptif kualitatif dengan persentase. Setelah penulis mengadakan penelitian di MA Al-Islam Rumbio Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut: 1. Pembelajaran kitab kuning di MA Al-Islam Rumbio Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar tergolong Efektif. Hal ini berdasarkan hasil observasi terhadap guru kitab kuning yaitu 70,59 %, hasil angket yang disebarkan kepada siswa 74,78 % dan hasil tes kemampuan baca kitab kuning yang dilakukan terhadap siswa 77,63 %. Berdasarkan ukuran persentase yang ditetapkan bahwa ketegori antara 61%-80% tergolong efektif. 2. Faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas pembelajaran kitab kuning di MA Al-Islam Rumbio Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar yang paling dominan adalah Optimalnya guru dalam menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan kitab kuning dan setaranya pelajaran kitab kuning dengan pelajaran-pelajaran umum dan agama lainnya dalam kurikulum pengembangan KTSP MA Al-Islam, bukan sekedar mata pelajaran tambahan sehingga siswa lebih termotivasi dalam pencapaian tujuan pembelajaran kitab kuning.