PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 008 PANTAI CERMIN KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Siti Nurhamadah, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8434/1/2012_201294.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8434/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan gejala yang dikemukakan, dapat dianalisa bahwa rendahnya motivasi belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pada dasarnya banyak upaya yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa diantaranya dengan menggunakan strategi pembelajaran Team Quiz. Dari uraian di atas, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Penerapan model pembelajaran kooperatif Team quiz untuk meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Pantai Cermin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar” Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Pantai Cermin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Adapun waktu penelitian ini direncanakan bulan Mei sampai dengan September 2011. Mata pelajaran yang diteliti adalah Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilakukan dalam 4 siklus dan tiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis seperti disampaikan pada bab IV dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Team quiz dapat meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Pantai Cermin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Team quiz dapat meningkatkan motivasi belajar siswa didapatkan persentase klasikal sebesar 79%. Artinya, motivasi siswa berada pada kategori baik karena berada pada interval penilaian berada antara 71-85%.