PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE KERJA KELOMPOK PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA AL-RASIYD SIMPANG TIGA SUNGAI LUAR KECAMATAN BATANG TUAKA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR
Main Author: | Sa'diyah, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8422/1/2013_2013250PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8422/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode Kerja Kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Rasyid Simpang Tiga Sungai Luar Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilir. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa variabel X, dan penggunaan metode kerja kelompok variabel Y yang merupakan objek penelitian. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Januari - Maret 2012. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa ada peningkatan motivasi belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II. Adapun peningkatan motivasi belajar siswa secara keseluruhan dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II adalah sebelum tindakan rata-rata motivasi belajar siswa 40% dengan klasifikasi sangat rendah, pada siklus I pertemuan pertama motivasi belajar siswa tetap 57% dengan klasifikasi sangat rendah, pada siklus I pertemuan kedua motivasi belajar siswa mengalami sama dengan siklus pertama pertemuan pertama yakni 59% dengan klasifikasi sangat rendah. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama motivasi belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 63% dengan klasifikasi sedang. Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 89% dengan klasifikasi tinggi pada siklus II pertemuan kedua dengan klasifikasi tinggi. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan dalam proses pembelajaran melalui penerapan metode kerja kelompok pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swata Al-Rasyid Simpang Tiga Sungai Luar Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilir dapat dikatakan berhasil sepenuhnya. Kelemahan-kelemahan melalui penerapan metode kerja kelompok pada silkus I tersebut setelah diperbaiki pada siklus II telah mencapai tingkat tinggi. Melalui perbaikan proses pembelajaran pada siklus II tersebut, motivasi belajar siswa mencapai kriteria tinggi, dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 89%.