PENGARUH KEMAMPUAN INTERAKSI GURU EKONOMI TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BENAI KECAMATAN BENAI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI
Main Author: | Mira Kurnia, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8414/1/2013_20131312PIPS-E.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8414/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan studi pendahuluan di SMA Negeri 1 Benai Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi, Penulis menemukan gejala-gejala diantaranya: Siswa tidak berusaha bertanya kepada guru bila ada yang tidak jelas. Siswa tidak berusaha mengumpulkan tugas dengan tepat waktu. Siswa tidak memiliki buku mata pelajaran. Siswa tidak berpartisipasi dalam kelompok. Siswa tidak tertarik pada penjelasan guru. Siswa tidak mempunyai rasa ingin tahu terhadap keterangan yang diberikan guru. Siswa tidak merasa senang mengulang materi pelajaran di rumah Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kemampuan interaksi guru Ekonomi terhadap minat belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Benai Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Benai Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi, sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh kemampuan interaksi guru Ekonomi terhadap minat belajar pada mata pelajaran Ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Benai Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi. Teknik analisis data yang di gunakan penulis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Pengolahan data melalui angket untuk mengukur masing-masing variabel, yaitu variabel X (interaksi guru) dan variabel Y (Minat Belajar). Dari hasil perhitungan terhadap penelitian yang dilakukan maka diketahui bahwa kemampuan interaksi guru ekonomi dengan persentase 70% tergolong ke dalam kategori baik, selain itu juga didapatkan kesimpulan bahwa minat siswa belajar ekonomi dengan persentase 71% tergolong ke dalam kategori baik. Analisis data didukung oleh nilai statistic yang didapatkan bahwa “r hitung” lebih besar dari “rtabel”, untuk taraf signifikansi 5% adalah 0.29 > 0,235 dengan kontribusi pengaruh kemampuan interaksi guru Ekonomi terhadap minat belajar sebesar 8%. Hal ini berarti Ha dapat diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan interaksi guru Ekonomi terhadap minat belajar pada mata pelajaran Ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Benai Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi. Kata Kunci: Kemampuan Interaksi Guru, Ekonomi, Minat Belajar