PENGARUH REINFORCEMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI NERACA PEMBAYARAN DI MADRASAH ALIYAH AL-FALAH KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Edi Laksono HS,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8391/1/2013_2013697PIPS-E.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8391/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu reinforcement sebagai variabel independen/bebas (X) dan motivasi belajar siswa sebagai variabel dependen/terikat (Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara reinforcement dan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Al-Falah Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Subyek dalam penelitian ini adalah guru ekonomi dan siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Al-Falah, sedangkan obyeknya adalah pengaruh reinforcement terhadap motivasi belajar siswa. Populasinya adalah satu orang guru ekonomi dan seluruh siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Al-Falah yang berjumlah 18 siswa. Pengumpulan data diambil melalui angket, observasi dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan bantuan perangkat software komputer SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) versi 19.0 for windows. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh reinforcement terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada materi neraca pembayaran di Madrasah Aliyah Al-Falah Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Nilai kontribusi pengaruhnya menunjukkan angka 51,9 % (0,519 X 100% = 51,9%), selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain. Dimana ro (observasi) = 0,721, lebih besar dari rt (tabel) pada taraf signifikan 5% = 0,497 dan taraf signifikan 1% = 0,623, hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara reinforcement dengan motivasi belajar siswa.