PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 012 NAUMBAI KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Asda Neli,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8369/1/2013_2013231PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8369/
ctrlnum 8369
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/8369/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL&#xD; PADA MATERI KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN&#xD; DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP&#xD; TO GROUP EXCHANGE SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR&#xD; NEGERI 012 NAUMBAI KECAMATAN KAMPAR&#xD; KABUPATEN KAMPAR</title><creator>Asda Neli, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu&#xD; Pengetahuan Sosial dengan penggunaan startegi pembelajaran group to group&#xD; exchange siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai Kecamatan Kampar&#xD; Kabupaten Kampar. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah&#xD; dengan menggunakan strategi pembelajaran group to group exchange dapat&#xD; meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi keragaman&#xD; kenampakan alam dan buatan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai&#xD; Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam&#xD; penelitian ini adalah siswa kelas V B Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai yang&#xD; berjumlah 22 orang, 12 laki-laki dan 10 perempuan. Sedangkan objek penelitian&#xD; ini adalah meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi&#xD; keragaman kenampakan alam dan buatan dengan menggunakan strategi&#xD; pembelajaran group to group exchange. Penelitian ini terdapat 2 siklus dan&#xD; dilaksanakan 4 kali pertemuan, adapun tahapan-tahapan yang dilakukan dalam&#xD; penelitian ini yaitu perencanaan atau persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan,&#xD; observasi dan refleksi.&#xD; Dari analisis yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terjadi&#xD; peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan keragaman&#xD; kenampakan alam dan buatan siswa kelas V B Sekolah Dasar Negeri Naumbai.&#xD; Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa pada hasil sebelum&#xD; tindakan 40,90%, sedangkan melalui strategi pembelajaran group to group&#xD; exchange pada siklus I adalah 63,64% dan siklus II adalah 81,82%.</description><date>2013-10-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/8369/1/2013_2013231PGMI.pdf</identifier><identifier> Asda Neli, (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 012 NAUMBAI KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>8369</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Asda Neli,
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 012 NAUMBAI KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR
publishDate 2013
topic 372.2 Sekolah Dasar
SD
url http://repository.uin-suska.ac.id/8369/1/2013_2013231PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8369/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan penggunaan startegi pembelajaran group to group exchange siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan strategi pembelajaran group to group exchange dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi keragaman kenampakan alam dan buatan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V B Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai yang berjumlah 22 orang, 12 laki-laki dan 10 perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi keragaman kenampakan alam dan buatan dengan menggunakan strategi pembelajaran group to group exchange. Penelitian ini terdapat 2 siklus dan dilaksanakan 4 kali pertemuan, adapun tahapan-tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu perencanaan atau persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dari analisis yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan keragaman kenampakan alam dan buatan siswa kelas V B Sekolah Dasar Negeri Naumbai. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa pada hasil sebelum tindakan 40,90%, sedangkan melalui strategi pembelajaran group to group exchange pada siklus I adalah 63,64% dan siklus II adalah 81,82%.
id IOS7815.8369
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:08:47Z
last_indexed 2019-07-31T02:08:47Z
recordtype dc
_version_ 1674821923480010752
score 17.538404