PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 012 NAUMBAI KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Asda Neli, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8369/1/2013_2013231PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8369/ |
ctrlnum |
8369 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/8369/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
PADA MATERI KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN
DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP
TO GROUP EXCHANGE SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
NEGERI 012 NAUMBAI KECAMATAN KAMPAR
KABUPATEN KAMPAR</title><creator>Asda Neli, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu
Pengetahuan Sosial dengan penggunaan startegi pembelajaran group to group
exchange siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai Kecamatan Kampar
Kabupaten Kampar. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah
dengan menggunakan strategi pembelajaran group to group exchange dapat
meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi keragaman
kenampakan alam dan buatan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai
Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas V B Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai yang
berjumlah 22 orang, 12 laki-laki dan 10 perempuan. Sedangkan objek penelitian
ini adalah meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi
keragaman kenampakan alam dan buatan dengan menggunakan strategi
pembelajaran group to group exchange. Penelitian ini terdapat 2 siklus dan
dilaksanakan 4 kali pertemuan, adapun tahapan-tahapan yang dilakukan dalam
penelitian ini yaitu perencanaan atau persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan,
observasi dan refleksi.
Dari analisis yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terjadi
peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan keragaman
kenampakan alam dan buatan siswa kelas V B Sekolah Dasar Negeri Naumbai.
Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa pada hasil sebelum
tindakan 40,90%, sedangkan melalui strategi pembelajaran group to group
exchange pada siklus I adalah 63,64% dan siklus II adalah 81,82%.</description><date>2013-10-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/8369/1/2013_2013231PGMI.pdf</identifier><identifier> Asda Neli, (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 012 NAUMBAI KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>8369</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Asda Neli, |
title |
PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
PADA MATERI KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN
DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP
TO GROUP EXCHANGE SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
NEGERI 012 NAUMBAI KECAMATAN KAMPAR
KABUPATEN KAMPAR |
publishDate |
2013 |
topic |
372.2 Sekolah Dasar SD |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/8369/1/2013_2013231PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8369/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu
Pengetahuan Sosial dengan penggunaan startegi pembelajaran group to group
exchange siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai Kecamatan Kampar
Kabupaten Kampar. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah
dengan menggunakan strategi pembelajaran group to group exchange dapat
meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi keragaman
kenampakan alam dan buatan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai
Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas V B Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai yang
berjumlah 22 orang, 12 laki-laki dan 10 perempuan. Sedangkan objek penelitian
ini adalah meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi
keragaman kenampakan alam dan buatan dengan menggunakan strategi
pembelajaran group to group exchange. Penelitian ini terdapat 2 siklus dan
dilaksanakan 4 kali pertemuan, adapun tahapan-tahapan yang dilakukan dalam
penelitian ini yaitu perencanaan atau persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan,
observasi dan refleksi.
Dari analisis yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terjadi
peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan keragaman
kenampakan alam dan buatan siswa kelas V B Sekolah Dasar Negeri Naumbai.
Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa pada hasil sebelum
tindakan 40,90%, sedangkan melalui strategi pembelajaran group to group
exchange pada siklus I adalah 63,64% dan siklus II adalah 81,82%. |
id |
IOS7815.8369 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:08:47Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:08:47Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821923480010752 |
score |
17.538404 |