PENERAPAN STRATEGI DIRECT INTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH AUR SATI KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Ekaria,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8367/1/2013_2013228PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8367/
Daftar Isi:
  • Memperhatikan hasil tes awal pada murid Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Aursati Kecamatan Tambang, yaitu rendahnya hasil belajar matematika maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Direct Intruction. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan strategi Direct Intruction dapat Meningkatkan Hasil Belajar murid pada mata pelajaran Matemtika Materi Pecahan pada Murid Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Aur Sati Kecamatan Tambang Penelitian ini dilaksanakan di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Aursati Kecamatan Tambang pada Tahun Pelajaran 2012-2013. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari observasi terhadap aktivitas guru selama proses pembelajaran berlangsung dalam penerapan strategi Direct Intruction dan teknik pengumpulan data berupa tes yang dilakukan pada bagian akhir proses pembelajaran dengan materi pelajaran yang telah dipelajari. Sebelum dilakukan tindakan hasil belajar siswa adalah dengan nilai ratarata 56,5. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa hasil belajar Matematika murid hanya dengan nilai rata-rata mencapai 59 dengan ketuntasan kelas 60% dan setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka meningkat dengan nilai rata-rata 61 ketuntasan kelas mencapai 90%. Dari data ini menunjukkan bahwa apabila penerapan strategi Direct Intruction dalam proses pembelajaran matematika secara benar dapat meningkatkan hasil belajar matematika murid.