PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENUANGKAN IDE ATAU GAGASAN DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 BATU BERSURAT KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR

Main Author: Herma Linda HS,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/836/1/2011_2011571.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/836/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menuangkan ide atau gagasan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan pada siswa kelas VII SMPN 1 Batu Bersurat Kecamatan XIII Koto Kampar dengan penerapan metode Mind Mapping. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Batu Bersurat Kecamatan XIII Koto Kampar tahun pelajaran 2010-2011 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode Mind Mapping untuk meningkatkan kemampuan menuangkan ide atau gagasan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi. Hasil pengamatan pada sebelum tindakan kemampuan siswa dalam menuangkan ide atau gagasan hanya mencapai rata-rata persentase 54,00%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata kemampuan siswa dalam menuangkan ide atau gagasan meningkat yaitu pada siklus pertama mencapai 67,50% atau kemampuan siswa masih tergolong “Mampu” karena 64,55% berada pada rentang 56-75%. Artinya kemampuan siswa dalam menuangkan ide atau gagasan belum mencapai 80%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 81,50% atau kemampuan siswa telah tergolong “Sangat Mampu” karena 78,18% berada pada rentang 76-100%. Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu diatas 80%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan menerapkan metode Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan belajar Ilmu Pengetahuan siswa dalam menuangkan ide atau gagasan di kelas VII SMPN 1 Batu Bersurat Kecamatan XIII Koto Kampar.