PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI TEKNIKSNOWBALL THROWINGPADASISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA HIDAYATUL MUSTAFID TELUKKABUNG KECAMATAN GAUNG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Main Author: Daud Alan,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8357/1/2013_2013186PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8357/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Teknik Snowball Throwing dalam peningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Madrasah Ibtidaiyah Swasta Hidayatul Mustafid Teluk Kabung Kecamatan Gaung Kabupaten Indragiri Hilir. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu Hasil Belajar variabel X, dan Teknik Snowball Throwing variabel Y yang merupakan objek penelitian. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Juli - Agustus 2012. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II. Adapun peningkatan hasil belajar siswa secara keseluruhan dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II adalah sebelum tindakan rata-rata hasil belajar siswa 51.1% dengan klasifikasi kurang, pada siklus I pertemuan pertama hasil belajar siswa tetap 60% dengan klasifikasi baik/minimal, pada siklus I pertemuan kedua hasil belajar siswa mengalami pengingkatan yakni 64.4% dengan klasifikasi baik/minimal. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 65.6% dengan klasifikasi baik/minimal. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 72.2% dengan klasifikasi baik/minimal pada siklus II pertemuan kedua dengan klasifikasi baik/minimal. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan dalam proses pembelajaran melalui penerapan Teknik Snowball Throwing pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Hidayatul Mustafid Teluk Kabung Kecamatan Gaung Kabupaten Indragiri Hilir dapat dikatakan berhasil sepenuhnya. Kelemahan-kelemahan melalui penerapan Teknik Snowball Throwing pada silkus I tersebut setelah diperbaiki pada siklus II telah mencapai tingkat baik/minimal. Melalui perbaikan proses pembelajaran pada siklus II tersebut, hasil belajar siswa mencapai kriteria baik/minimal, dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 72.2%.