PENINGKATAN MINAT BELAJAR MENULIS KARANGAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN METODE DISCOVERY INQUIRY PADA SISWA KELAS IV MI NURUL HUDA KOTA BARU KECAMATAN KERITANG

Main Author: Syarifah Aini,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8321/1/2013_2013180PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8321/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar menulis karangan siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal ini terlihat berdasarkan gejala-gejala sebagai berikut: siswa masuk kelas tidak tepat pada waktunya, perlengkapan belajar siswa kurang lengkap, siswa masih ada yang mengantuk dan siswa tidak mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru. Berdasarkan latar belakang masalah yang dipaparkan, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan minat belajar menulis karangan melalui penerapan metode Discovery Inquiry pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV MI Nurul Huda Kota Baru Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru yang berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MI Nurul Huda Kota Baru Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir semester II tahun pelajaran 2011/2012. Jumlah siswa yang menjadi subyek penelitian adalah 23 orang, terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah penerapan metode Discovery Inquiry untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran menulis karangan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata persentase terhadap minat belajar siswa sebelum tindakan mencapai 49% kategori “Rendah”, Setelah dilakukan tindakan pada siklus I melalui penerapan metode Discovery Inquiry, minat siswa meningkat menjadi 64% kategori “Sedang”. Adapun setelah dilakukan perbaikan pada siklus II minat belajar menulis karangan siswa meningkat kembali menjadi 77% kategori “Baik Sekali” Artinya ada peningkatan minat belajar menulis karangan mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV MI Nurul Huda Kota Baru Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir.