PENGARUH KEMAMPUAN MEMBUAT RANGKUMAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Maman Suryadi,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8320/1/2013_2013470PIPS-E.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8320/
Daftar Isi:
  • Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui pengaruh kemampuan membuat rangkuman terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi Kelas X SMA 2 XIII Koto Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 2 XIII Koto kampar. Objek penelitian ini adalah Pengaruh Kemampuan Membuat Rangkuman Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA N 2 XIII Koto Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 2 XIII Koto kampar berjumlah 79 orang. Mengingat jumlah populasi siswa kurang dari 100 orang, maka dalam penelitian ini populasi juga dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh sebagai berikut.Angket (kuesioner) yaitu dengan menyebarkan sejumlah pertanyaan kepada responden yaitu siswa kelas X di SMA N 2 XIII Koto Kampar, dokumentasi, yaitu dengan melihat hal-hal yang mendukung penelitian sebagai data pendukung (skunder). Data yang didapatkan dalam penelitian ini bersifat ordinal kemudian akan dirobah menjsdi data interval, maka penulis menggunakan rumus linear sederhana dengan bantuan SPSS for windows versi 16.00 Hasil temuan Berdasarkan analisis persentase maka dapat dikatakan bahwa, kemampuan membuat rangkuman siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA 2 XIII Koto Kampar dikategorikan “baik” dengan hasil persentase 75,45%. Sedangkan temuan hasil analisis pengaruh kemampuan membuat rangkuman terhadap hasil belajar ekonomi siswa pada mata pelajaran ekonomikelas X SMAN 2 XIII Koto Kampar, diterima. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data bahwa : ro (obsservasi) = 0.416 bila dibandingkan dengan rt (tabel) pada taraf signifikan 5%(0,416 > 0.217) ini berarti Ho ditolak, Ha diterima.ro (observasi) = 0.416 bila dibandingkan dengan rt (tabel)pada taraf signifikan 1% (0.416 > 0.283) ini berarti Ho ditolak, Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengaruh kemampuan membuat rangkuman terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMAN 2 XIII Koto Kampar sebesar 41.6% dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh pneliti.