PENGARUH PENGETAHUAN MATERI PEMBELAJARAN PENGENDALIAN KAS TERHADAP KOMPETENSI SISWA MENYUSUN REKONSILIASI BANK SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PEMBANGUNAN BAGAN BATU

Main Author: Siti Fatimah,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8314/1/2013_2013381PIPS-E.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8314/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini terdiri dari dua variable, yaitu PengetahuanMateri Pembelajaran Pengendalian Kas (variable bebas/independen atau variable X) dan Kompetensi Siswa Menyusun Rekonsiliasi Bank (variable dependent/terikat atau variable Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antaraPengetahuanMateri Pembelajaran Pengendalian Kas Terhadap Kompetensi Siswa Menyusun Rekonsiliasi Bank Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Pembangunan Bagan Batu Kecamatan Bagan Sinembah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Pembangunan Bagan Batu Kecamatan Bagan Sinembah, sedangkan objeknya adalah pengaruh PengetahuanMateri Pembelajaran Pengendalian Kas Terhadap Kompetensi Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 150 orang siswa, karena banyaknya jumlah populasi maka penulis mengambil sampel 60 siswa dari jumlah populasi. Pengumpulan data diambil melalui tes, dandokumentasi. Data yang terkumpul, sesuai dengan jenis penelitian ini adalah menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan metode kuadrat terkecil dan product moment, dan penulis menggunakan bantuan perangkat computer melalui program SPSS ( Statistica Program Society Science ) versi 16.0 for windows. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh pengetahuanmateri pembelajaran pengendalian kas terhadap kompetensi siswa menyusun rekonsiliasi bank siswa kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Pembangunan Bagan Batu Kecamatan Bagan Sinembah sebesar 62,4% sedangkan 37,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain selain materi pembelajaran pengendalian kas. Dimana ro (observasi) = 0,624lebih besar darirt (tabel) pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,259< 0,624 > 0,337ini berarti Ha diterima, H o ditolak.