KEMAMPUAN GURU MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 KAMPAR TIMUR
Main Author: | Nur Syamsi, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8303/1/2013_2013233PIPS-E.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8303/ |
ctrlnum |
8303 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/8303/</relation><title>KEMAMPUAN GURU MENINGKATKAN MINAT BELAJAR
SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X
SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1
KAMPAR TIMUR</title><creator>Nur Syamsi, </creator><subject>373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA</subject><description>Penelitian ini hanya terdiri dari 1 variabel, yaitu kemampuan guru
meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Variabel
penelitian inilah yang menjadi kajian permasalahan dalam penelitian ini. Tujuan
dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru meningkatkan
minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.
Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran ekonomi kelas X
SMA Negeri 1 Kampar Timur, sedangkan objeknya adalah kemampuan guru
meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasinya
adalah guru yang mengajar mata pelajaran ekonomi kelas X SMA N 1 Kampar
Timur yang berjumlah 2 orang, karena melihat bahwa jumlah populasinya tidak
terlalu banyak maka penulis tidak mengambil sampel. Jadi, semua subjek akan
diteliti sehingga penelitian ini dinamakan penelitian populasi.
Data-data dalam penelitian ini diambil melalui beberapa teknik
diantaranya teknik observasi dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul dari
penelitian ini ada yang berupa data kualitatif dan ada pula yang berupa data
kuantitatif, namun secara keseluruhan tetap diolah menggunakan analisa kualitatif
yang dikenal dengan istilah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase.
Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan kesimpulan akhir bahwa
kemampuan guru meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi
kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kampar Timur secara
keseluruhan dikategorikan “Tinggi” dengan persentase sebesar 69% yang berada
pada rentang 61%-80%. Kemampuan guru meningkatkan minat belajar siswa
pada mata pelajaran Ekonomi kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1
Kampar Timur tergambar dari usaha-usahanya sebagai berikut: Guru
menyampaikan materi pelajaran secara bertingkat (mulai dari yang mudah menuju
yang sulit); Guru memberikan materi pelajaran yang sesuai dengan tujuan dan
kebutuhan siswa.; Guru menghubungkan materi pelajaran dengan suatu
fakta/fenomena yang sudah diketahui kebanyakan siswa; Guru menghubungkan
materi yang dipelajari dengan materi-materi yang sudah dipelajari sebelumnya;
Guru dan siswa saling berinteraksi dengan baik selama berlangsungnya proses
pembelajaran; Guru mempersiapkan kelas agar rapi dan tenang sebelum memulai
pelajaran; Guru memotivasi siswa untuk berkompetisi secara sehat dalam belajar;
Guru memberikan hadiah bagi siswa yang aktif dan berprestasi dalam belajar;
Guru menggunakan metode belajar yang bervariasi dan Guru memanfaatkan
media dalam proses pembelajaran.</description><date>2013-10-13</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/8303/1/2013_2013233PIPS-E.pdf</identifier><identifier> Nur Syamsi, (2013) KEMAMPUAN GURU MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 KAMPAR TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>8303</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Nur Syamsi, |
title |
KEMAMPUAN GURU MENINGKATKAN MINAT BELAJAR
SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X
SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1
KAMPAR TIMUR |
publishDate |
2013 |
topic |
373.238 Sekolah Menengah Atas SMA |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/8303/1/2013_2013233PIPS-E.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8303/ |
contents |
Penelitian ini hanya terdiri dari 1 variabel, yaitu kemampuan guru
meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Variabel
penelitian inilah yang menjadi kajian permasalahan dalam penelitian ini. Tujuan
dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru meningkatkan
minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.
Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran ekonomi kelas X
SMA Negeri 1 Kampar Timur, sedangkan objeknya adalah kemampuan guru
meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasinya
adalah guru yang mengajar mata pelajaran ekonomi kelas X SMA N 1 Kampar
Timur yang berjumlah 2 orang, karena melihat bahwa jumlah populasinya tidak
terlalu banyak maka penulis tidak mengambil sampel. Jadi, semua subjek akan
diteliti sehingga penelitian ini dinamakan penelitian populasi.
Data-data dalam penelitian ini diambil melalui beberapa teknik
diantaranya teknik observasi dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul dari
penelitian ini ada yang berupa data kualitatif dan ada pula yang berupa data
kuantitatif, namun secara keseluruhan tetap diolah menggunakan analisa kualitatif
yang dikenal dengan istilah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase.
Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan kesimpulan akhir bahwa
kemampuan guru meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi
kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kampar Timur secara
keseluruhan dikategorikan “Tinggi” dengan persentase sebesar 69% yang berada
pada rentang 61%-80%. Kemampuan guru meningkatkan minat belajar siswa
pada mata pelajaran Ekonomi kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1
Kampar Timur tergambar dari usaha-usahanya sebagai berikut: Guru
menyampaikan materi pelajaran secara bertingkat (mulai dari yang mudah menuju
yang sulit); Guru memberikan materi pelajaran yang sesuai dengan tujuan dan
kebutuhan siswa.; Guru menghubungkan materi pelajaran dengan suatu
fakta/fenomena yang sudah diketahui kebanyakan siswa; Guru menghubungkan
materi yang dipelajari dengan materi-materi yang sudah dipelajari sebelumnya;
Guru dan siswa saling berinteraksi dengan baik selama berlangsungnya proses
pembelajaran; Guru mempersiapkan kelas agar rapi dan tenang sebelum memulai
pelajaran; Guru memotivasi siswa untuk berkompetisi secara sehat dalam belajar;
Guru memberikan hadiah bagi siswa yang aktif dan berprestasi dalam belajar;
Guru menggunakan metode belajar yang bervariasi dan Guru memanfaatkan
media dalam proses pembelajaran. |
id |
IOS7815.8303 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:08:44Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:08:44Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821923025977344 |
score |
17.538404 |