KEMAMPUAN GURU MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 KAMPAR TIMUR

Main Author: Nur Syamsi,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8303/1/2013_2013233PIPS-E.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8303/
ctrlnum 8303
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/8303/</relation><title>KEMAMPUAN GURU MENINGKATKAN MINAT BELAJAR&#xD; SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X&#xD; SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1&#xD; KAMPAR TIMUR</title><creator>Nur Syamsi, </creator><subject>373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA</subject><description>Penelitian ini hanya terdiri dari 1 variabel, yaitu kemampuan guru&#xD; meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Variabel&#xD; penelitian inilah yang menjadi kajian permasalahan dalam penelitian ini. Tujuan&#xD; dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru meningkatkan&#xD; minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.&#xD; Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran ekonomi kelas X&#xD; SMA Negeri 1 Kampar Timur, sedangkan objeknya adalah kemampuan guru&#xD; meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasinya&#xD; adalah guru yang mengajar mata pelajaran ekonomi kelas X SMA N 1 Kampar&#xD; Timur yang berjumlah 2 orang, karena melihat bahwa jumlah populasinya tidak&#xD; terlalu banyak maka penulis tidak mengambil sampel. Jadi, semua subjek akan&#xD; diteliti sehingga penelitian ini dinamakan penelitian populasi.&#xD; Data-data dalam penelitian ini diambil melalui beberapa teknik&#xD; diantaranya teknik observasi dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul dari&#xD; penelitian ini ada yang berupa data kualitatif dan ada pula yang berupa data&#xD; kuantitatif, namun secara keseluruhan tetap diolah menggunakan analisa kualitatif&#xD; yang dikenal dengan istilah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase.&#xD; Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan kesimpulan akhir bahwa&#xD; kemampuan guru meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi&#xD; kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kampar Timur secara&#xD; keseluruhan dikategorikan &#x201C;Tinggi&#x201D; dengan persentase sebesar 69% yang berada&#xD; pada rentang 61%-80%. Kemampuan guru meningkatkan minat belajar siswa&#xD; pada mata pelajaran Ekonomi kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1&#xD; Kampar Timur tergambar dari usaha-usahanya sebagai berikut: Guru&#xD; menyampaikan materi pelajaran secara bertingkat (mulai dari yang mudah menuju&#xD; yang sulit); Guru memberikan materi pelajaran yang sesuai dengan tujuan dan&#xD; kebutuhan siswa.; Guru menghubungkan materi pelajaran dengan suatu&#xD; fakta/fenomena yang sudah diketahui kebanyakan siswa; Guru menghubungkan&#xD; materi yang dipelajari dengan materi-materi yang sudah dipelajari sebelumnya;&#xD; Guru dan siswa saling berinteraksi dengan baik selama berlangsungnya proses&#xD; pembelajaran; Guru mempersiapkan kelas agar rapi dan tenang sebelum memulai&#xD; pelajaran; Guru memotivasi siswa untuk berkompetisi secara sehat dalam belajar;&#xD; Guru memberikan hadiah bagi siswa yang aktif dan berprestasi dalam belajar;&#xD; Guru menggunakan metode belajar yang bervariasi dan Guru memanfaatkan&#xD; media dalam proses pembelajaran.</description><date>2013-10-13</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/8303/1/2013_2013233PIPS-E.pdf</identifier><identifier> Nur Syamsi, (2013) KEMAMPUAN GURU MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 KAMPAR TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>8303</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Nur Syamsi,
title KEMAMPUAN GURU MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 KAMPAR TIMUR
publishDate 2013
topic 373.238 Sekolah Menengah Atas
SMA
url http://repository.uin-suska.ac.id/8303/1/2013_2013233PIPS-E.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8303/
contents Penelitian ini hanya terdiri dari 1 variabel, yaitu kemampuan guru meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Variabel penelitian inilah yang menjadi kajian permasalahan dalam penelitian ini. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Kampar Timur, sedangkan objeknya adalah kemampuan guru meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasinya adalah guru yang mengajar mata pelajaran ekonomi kelas X SMA N 1 Kampar Timur yang berjumlah 2 orang, karena melihat bahwa jumlah populasinya tidak terlalu banyak maka penulis tidak mengambil sampel. Jadi, semua subjek akan diteliti sehingga penelitian ini dinamakan penelitian populasi. Data-data dalam penelitian ini diambil melalui beberapa teknik diantaranya teknik observasi dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul dari penelitian ini ada yang berupa data kualitatif dan ada pula yang berupa data kuantitatif, namun secara keseluruhan tetap diolah menggunakan analisa kualitatif yang dikenal dengan istilah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan kesimpulan akhir bahwa kemampuan guru meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kampar Timur secara keseluruhan dikategorikan “Tinggi” dengan persentase sebesar 69% yang berada pada rentang 61%-80%. Kemampuan guru meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kampar Timur tergambar dari usaha-usahanya sebagai berikut: Guru menyampaikan materi pelajaran secara bertingkat (mulai dari yang mudah menuju yang sulit); Guru memberikan materi pelajaran yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan siswa.; Guru menghubungkan materi pelajaran dengan suatu fakta/fenomena yang sudah diketahui kebanyakan siswa; Guru menghubungkan materi yang dipelajari dengan materi-materi yang sudah dipelajari sebelumnya; Guru dan siswa saling berinteraksi dengan baik selama berlangsungnya proses pembelajaran; Guru mempersiapkan kelas agar rapi dan tenang sebelum memulai pelajaran; Guru memotivasi siswa untuk berkompetisi secara sehat dalam belajar; Guru memberikan hadiah bagi siswa yang aktif dan berprestasi dalam belajar; Guru menggunakan metode belajar yang bervariasi dan Guru memanfaatkan media dalam proses pembelajaran.
id IOS7815.8303
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:08:44Z
last_indexed 2019-07-31T02:08:44Z
recordtype dc
_version_ 1674821923025977344
score 17.538404