HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN BAHAN PELAJARAN EKONOMI OLEH GURU DENGAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 001 KAMPAR UTARA

Main Author: Elva Rahmi,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8302/1/2013_2013195PIPS-E.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8302/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu penguasaan bahan pelajaran Ekonomi oleh guru (variabel bebas/indevenden atau variabel X) dan hasil belajar ekonomi siswa (variabel dependent/terikat atau variabel Y). Tujuan dalam Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara penguasaan bahan pelajaran ekonomi oleh guru dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 001 Kampar Utara. sedangkan rumusan masalahnya adalah adakah hubungan yang signifikan antara penguasaan bahan pelajaran oleh Guru dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 001 Kampar Utara. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 001 Kampar Utara, sedangkan objeknya adalah hubungan penguasaan bahan pelajaran ekonomi oleh guru dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 001 Kampar Utara. Populasinya adalah 80 orang siswa, karena sedikitnya jumlah populasi, maka penulis tidak mengambil sampel. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan analisis product moment. Hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa antara penguasaan bahan pelajaran ekonomi oleh guru (X) dengan hasil belajar ekonomi siswa (Y) dengan hasil analisis product moment yaitu r observasi (0.654) lebih besar dari r tabel baik pada signifikan 5% (0.227) dan 1% (0.296), Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan bahan pelajaran oleh Guru dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 001 Kampar Utara.