PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA BABUSSALAM PEKANBARU

Main Author: Ani Widayati,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8296/1/2013_201391PIPS-E.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8296/
Daftar Isi:
  • Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan teknologi informasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Menengah Atas swasta Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pemanfaatan teknologi informasi (variabel bebas/indevenden atau variabel X) dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (variabel dependent/terikat atau variabel Y), sedangkan rumusan masalahnya adalah adakah pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan teknologi informasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Menengah Atas swasta Babussalam Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA swasta Babussalam Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah pemanfaatan teknologi informasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Menengah Atas swasta Babussalam Pekanbaru. Populasinya adalah 32 orang siswa, karena sedikitnya jumlah populasi, maka penulis tidak mengambil sampel. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan analisis regresi linear sederhana.. Hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa antara pemanfaatan teknologi informasi (X) dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (Y) dengan hasil analisis diketahui yaitu r observasi (0.633) lebih bebih dari r tabel baik pada signifikan 5% (0.361) dan 1% (0.463), Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan teknologi informasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Menengah Atas swasta Babussalam Pekanbaru.