MENINGKATKAN KEMAMPUAN MURID MEMAHAMI MATERI SUMBER DAYA ALAM INDONESIA MELALUI METODE PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SD NEGERI 034 KAMPAR
Main Author: | Ayda Fitri,, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8287/1/2013_2013153PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8287/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah “Untuk mengetahui peningkatan kemampuan murid memahami materi Sumber Daya Alam Indonesia melalui metode problem solving pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V SD Negeri 034 Kampar”. Adapun perumusan masalahnya adalah “ Apakah metode Problem solving dapat meningkatkan kemampuan murid memahami materi Sumber Daya Alam Indonesia melalui metode problem solving pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V SDN. 034 Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam Penelitian ini adalah murid kelas V SDN. 034 Kampar yang berjumlah 30 orang dan objek penelitian ini adalah Metode Problem Solving untuk meningkatkan kemampuan murid. Data penelitian ini berupa nilai tes kemampuan siswa sebelum tindakan, dan nilai tes kemampuan setelah siswa mengikuti tindakan dengan menggunakan metode problem solving pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pokok bahasan Sumber Daya Alam Indonesia. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan memberikan test atau evaluasi. Untuk menganalisa data hasil tes digunakan dengan rumus tes “t” untuk sampel kecil (N<30) yang berkorelasi adalah: Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode problem solving dapat meningkatkan kemampuan murid, hal ini terlihat dari nilai tes evaluasi murid siklus I 54,83%, siklus II 77,44% dan siklus III 90,32%. Setiap siklus menunjukkan kenaikan nilai kemampuan murid dan melebihi angka 75% yang ditetapkan kriteria ketuntasan belajar di kelas.