PENERAPAN STRATEGI KISI-KISI PENGELOMPOKAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILNGAN SISWA KELAS IV SDN 013 BALAM JAYA KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Desra Yulita, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8282/1/2013_2013133PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8282/ |
Daftar Isi:
- Memperhatikan hasil tes awal pada murid Kelas IV SDN 013 Balam Jaya Kecamatan Tambang, yaitu rendahnya hasil belajar matematika maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan Penerapan Strategi Kisi-Kisi Pengelompokan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar murid pada mata pelajaran Matematika siswa Kelas IV SDN 013 Balam Jaya Kecamatan Tambang. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas IV SDN 013 Balam Jaya Kecamatan Tambang pada Tahun Pelajaran 2012-2013. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari observasi terhadap aktivitas guru selama proses pembelajaran berlangsung dalam penerapan Strategi Kisi-Kisi Pengelompokan dan teknik pengumpulan data berupa tes yang dilakukan pada bagian akhir proses pembelajaran dengan materi pelajaran yang telah dipelajari. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa hasil belajar Matematika murid hanya dengan nilai rata-rata mencapai 59 dengan ketuntasan kelas 60% dan setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka meningkat dengan nilai rata-rata 61 ketuntasan kelas mencapai 90%. Dari data ini menunjukkan bahwa apabila penerapan Strategi Kisi-Kisi Pengelompokan dalam proses pembelajaran matematika secara benar dapat meningkatkan hasil belajar matematika murid.