PENGARUH PENERAPAN METODE INKUIRI PADA MODEL PEMBELAJARAN IPS TERPADU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KAMPAR KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Lismawarni, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/828/1/2011_2011537.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/828/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode inkuri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 3 Kampar Kabupaten Kampar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru IPS yang mengajar di SMPN 3 Kampar Kabupaten Kampar khususnya VIII dan siswa kelas VIIIA berjumlah 36 orang. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pengaruh penerapan metode inkuiri pada model pembelajaran IPS terpadu terhadap hasil belajar Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, angket dan dokumentasi. Dalam pengolahan data kuantitatif penulis menggunakan teknik analisis regresi linier dengan metode kuadrat terkecil, dan dibantu perangkat komputer melalui progran SPSS (Statistik Program Societ Science) versi 16.0. Berdasarkan hasil dan analsis data, ternyata Ha dapat diterima karena lebih besar dari df. Pada taraf signifikan 5% diperoleh sebesar 0,325% dan paada taraf signfikan 1% diperoleh sebesar 0,418% jadi ro 0,436 Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh signifikan anatara penerapan metode inkuiri terhadap hasil belajar siswa kelas VIIIA SMPN 3 Kampar Kabupaten Kampar.