PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH AL-IKHWAN PEKANBARU
Main Author: | Zulhernis, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8275/1/2013_201393PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8275/ |
ctrlnum |
8275 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/8275/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA
MATA PELAJARAN IPA KELAS III MADRASAH
IBTIDAIYAH AL-IKHWAN PEKANBARU</title><creator>Zulhernis, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran IPA melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered
Head Together (NHT) pada siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan
Pekanbaru. Sebagai Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III Madrasah
Ibtidaiyah Al-Ikhwan pada tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa
sebanyak 35 orang, 12 orang laki-laki dan 23 orang perempuan dengan
kemampuan siswa yang heterogen. Sedangkan yang menjadi objek dalam
penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA
melalui penerapan model pembelajaran kooperatid tipe Numbered Head Together.
Prosedur penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas.
Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang
mengganggu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered
head together dan tahapan-tahapan yang dilalui dalam PTK, yaitu: 1)
Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4)
Refleksi.
Hasil penelitian dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
numbered head together di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan, diketahui
bahwa adanya peningkatan hasil belajar dari sebelum tindakan ke siklus I dan ke
siklus II. Sebelum tindakan hasil belajar siswa hanya mencapai rata-rata 42,86%.
Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa menjadi 75% dan pada siklus II hasil
belajar siswa meningkat menjadi 93%. Keadaan ini menunjukan bahwa perbaikan
pembelajaran dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III
Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan Pekanbaru dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dikatakan berhasil, dengan
ketuntasan individu dan kelas rata-rata mencapai 93%.</description><date>2013-10-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/8275/1/2013_201393PGMI.pdf</identifier><identifier> Zulhernis, (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH AL-IKHWAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>8275</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Zulhernis, |
title |
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA
MATA PELAJARAN IPA KELAS III MADRASAH
IBTIDAIYAH AL-IKHWAN PEKANBARU |
publishDate |
2013 |
topic |
372.2 Sekolah Dasar SD |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/8275/1/2013_201393PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8275/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran IPA melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered
Head Together (NHT) pada siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan
Pekanbaru. Sebagai Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III Madrasah
Ibtidaiyah Al-Ikhwan pada tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa
sebanyak 35 orang, 12 orang laki-laki dan 23 orang perempuan dengan
kemampuan siswa yang heterogen. Sedangkan yang menjadi objek dalam
penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA
melalui penerapan model pembelajaran kooperatid tipe Numbered Head Together.
Prosedur penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas.
Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang
mengganggu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered
head together dan tahapan-tahapan yang dilalui dalam PTK, yaitu: 1)
Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4)
Refleksi.
Hasil penelitian dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
numbered head together di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan, diketahui
bahwa adanya peningkatan hasil belajar dari sebelum tindakan ke siklus I dan ke
siklus II. Sebelum tindakan hasil belajar siswa hanya mencapai rata-rata 42,86%.
Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa menjadi 75% dan pada siklus II hasil
belajar siswa meningkat menjadi 93%. Keadaan ini menunjukan bahwa perbaikan
pembelajaran dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III
Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan Pekanbaru dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dikatakan berhasil, dengan
ketuntasan individu dan kelas rata-rata mencapai 93%. |
id |
IOS7815.8275 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:08:44Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:08:44Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821922931605504 |
score |
17.538404 |