PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH AL-IKHWAN PEKANBARU

Main Author: Zulhernis,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8275/1/2013_201393PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8275/
ctrlnum 8275
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/8275/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF&#xD; TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK&#xD; MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA&#xD; MATA PELAJARAN IPA KELAS III MADRASAH&#xD; IBTIDAIYAH AL-IKHWAN PEKANBARU</title><creator>Zulhernis, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan hasil belajar&#xD; siswa pada mata pelajaran IPA melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered&#xD; Head Together (NHT) pada siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan&#xD; Pekanbaru. Sebagai Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III Madrasah&#xD; Ibtidaiyah Al-Ikhwan pada tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa&#xD; sebanyak 35 orang, 12 orang laki-laki dan 23 orang perempuan dengan&#xD; kemampuan siswa yang heterogen. Sedangkan yang menjadi objek dalam&#xD; penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA&#xD; melalui penerapan model pembelajaran kooperatid tipe Numbered Head Together.&#xD; Prosedur penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas.&#xD; Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang&#xD; mengganggu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered&#xD; head together dan tahapan-tahapan yang dilalui dalam PTK, yaitu: 1)&#xD; Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4)&#xD; Refleksi.&#xD; Hasil penelitian dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe&#xD; numbered head together di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan, diketahui&#xD; bahwa adanya peningkatan hasil belajar dari sebelum tindakan ke siklus I dan ke&#xD; siklus II. Sebelum tindakan hasil belajar siswa hanya mencapai rata-rata 42,86%.&#xD; Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa menjadi 75% dan pada siklus II hasil&#xD; belajar siswa meningkat menjadi 93%. Keadaan ini menunjukan bahwa perbaikan&#xD; pembelajaran dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III&#xD; Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan Pekanbaru dengan menerapkan model&#xD; pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dikatakan berhasil, dengan&#xD; ketuntasan individu dan kelas rata-rata mencapai 93%.</description><date>2013-10-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/8275/1/2013_201393PGMI.pdf</identifier><identifier> Zulhernis, (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH AL-IKHWAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>8275</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Zulhernis,
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH AL-IKHWAN PEKANBARU
publishDate 2013
topic 372.2 Sekolah Dasar
SD
url http://repository.uin-suska.ac.id/8275/1/2013_201393PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8275/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan Pekanbaru. Sebagai Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan pada tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang, 12 orang laki-laki dan 23 orang perempuan dengan kemampuan siswa yang heterogen. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatid tipe Numbered Head Together. Prosedur penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dan tahapan-tahapan yang dilalui dalam PTK, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Hasil penelitian dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan, diketahui bahwa adanya peningkatan hasil belajar dari sebelum tindakan ke siklus I dan ke siklus II. Sebelum tindakan hasil belajar siswa hanya mencapai rata-rata 42,86%. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa menjadi 75% dan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 93%. Keadaan ini menunjukan bahwa perbaikan pembelajaran dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan Pekanbaru dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dikatakan berhasil, dengan ketuntasan individu dan kelas rata-rata mencapai 93%.
id IOS7815.8275
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:08:44Z
last_indexed 2019-07-31T02:08:44Z
recordtype dc
_version_ 1674821922931605504
score 17.538404