MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID MELALUI STRATEGI THINKPAIR- SQUARE (TPS) PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM MATERI SUMBER DAYA ALAM KITA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 016 KECAMATAN KUANTAN HILIR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Main Author: Eci Lestari,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8274/1/2013_201387PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8274/
ctrlnum 8274
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/8274/</relation><title>MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID MELALUI STRATEGI THINKPAIR-&#xD; SQUARE (TPS) PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL&#xD; DALAM MATERI SUMBER DAYA ALAM KITA DI KELAS IV&#xD; SEKOLAH DASAR NEGERI 016 KECAMATAN&#xD; KUANTAN HILIR KABUPATEN&#xD; KUANTAN SINGINGI</title><creator>Eci Lestari, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena-fenomena&#xD; yang menunjukan rendahnya hasil belajar siswa, yaitu adalah 1) Sebagian murid tidak&#xD; dapat menyelesaikan tugas dan Pekerjaan Rumah (PR), 2) Sebagian murid tidak dapat&#xD; menjawab post test, 3) Rata-rata nilai harian murid masih rendah yakni di bawah nilai&#xD; Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 6,5. Oleh sebab itu penelitian menerapkan Model&#xD; pembelajaran Think Pair Square (TPS) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil&#xD; belajar ilmu pengetahuan sosial siswa.&#xD; Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah strategi Think Pair Square (TPS)&#xD; dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dalam materi jenis dan&#xD; persebaran sumber daya alam di kelas IV Sekolah Dasar 016 Baserah kecamatan&#xD; Kuantan Hilir Kabupaten Kuantan singingi, tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah&#xD; siswa sebanyak 22 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus&#xD; dilakukan dalam 3 kali pertemuan, Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan&#xD; baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun&#xD; tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: Perencanaan&#xD; tindakan, Pelaksanaan tindakan, Observasi, dan Refleksi.&#xD; Berdasarkan hasil pengamatan awal, hasil belajar siswa diperoleh persentase&#xD; ketuntasan secara klasikal adalah 41% angka ini belum mencapai angka keberhasilan&#xD; yang telah ditetapkan dalam penelitian ini. Kemudian berdasarkan hasil tes pada siklus&#xD; pertama tingkat hasil belajar siswa mencapai persentase ketuntasan 64%, angka ini&#xD; juga belum mencapai angka keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian, oleh&#xD; sebab itu siklus selanjutnya dilanjutkan. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan&#xD; hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan 100%, artinya angka ini telah&#xD; melebihi dari angka keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian, dan dengan&#xD; pencapaian nilai 100% ketuntasan secara klasikal, maka penelitian ini dikatakan&#xD; berhasil.</description><date>2013-10-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/8274/1/2013_201387PGMI.pdf</identifier><identifier> Eci Lestari, (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID MELALUI STRATEGI THINKPAIR- SQUARE (TPS) PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM MATERI SUMBER DAYA ALAM KITA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 016 KECAMATAN KUANTAN HILIR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>8274</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Eci Lestari,
title MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID MELALUI STRATEGI THINKPAIR- SQUARE (TPS) PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM MATERI SUMBER DAYA ALAM KITA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 016 KECAMATAN KUANTAN HILIR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI
publishDate 2013
topic 372.2 Sekolah Dasar
SD
url http://repository.uin-suska.ac.id/8274/1/2013_201387PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8274/
contents Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena-fenomena yang menunjukan rendahnya hasil belajar siswa, yaitu adalah 1) Sebagian murid tidak dapat menyelesaikan tugas dan Pekerjaan Rumah (PR), 2) Sebagian murid tidak dapat menjawab post test, 3) Rata-rata nilai harian murid masih rendah yakni di bawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 6,5. Oleh sebab itu penelitian menerapkan Model pembelajaran Think Pair Square (TPS) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa. Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah strategi Think Pair Square (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dalam materi jenis dan persebaran sumber daya alam di kelas IV Sekolah Dasar 016 Baserah kecamatan Kuantan Hilir Kabupaten Kuantan singingi, tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus dilakukan dalam 3 kali pertemuan, Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: Perencanaan tindakan, Pelaksanaan tindakan, Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil pengamatan awal, hasil belajar siswa diperoleh persentase ketuntasan secara klasikal adalah 41% angka ini belum mencapai angka keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini. Kemudian berdasarkan hasil tes pada siklus pertama tingkat hasil belajar siswa mencapai persentase ketuntasan 64%, angka ini juga belum mencapai angka keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian, oleh sebab itu siklus selanjutnya dilanjutkan. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan 100%, artinya angka ini telah melebihi dari angka keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian, dan dengan pencapaian nilai 100% ketuntasan secara klasikal, maka penelitian ini dikatakan berhasil.
id IOS7815.8274
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:08:44Z
last_indexed 2019-07-31T02:08:44Z
recordtype dc
_version_ 1674821922927411200
score 17.538404