MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID MELALUI STRATEGI THINKPAIR- SQUARE (TPS) PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM MATERI SUMBER DAYA ALAM KITA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 016 KECAMATAN KUANTAN HILIR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI
Main Author: | Eci Lestari, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8274/1/2013_201387PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8274/ |
ctrlnum |
8274 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/8274/</relation><title>MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID MELALUI STRATEGI THINKPAIR-
SQUARE (TPS) PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
DALAM MATERI SUMBER DAYA ALAM KITA DI KELAS IV
SEKOLAH DASAR NEGERI 016 KECAMATAN
KUANTAN HILIR KABUPATEN
KUANTAN SINGINGI</title><creator>Eci Lestari, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena-fenomena
yang menunjukan rendahnya hasil belajar siswa, yaitu adalah 1) Sebagian murid tidak
dapat menyelesaikan tugas dan Pekerjaan Rumah (PR), 2) Sebagian murid tidak dapat
menjawab post test, 3) Rata-rata nilai harian murid masih rendah yakni di bawah nilai
Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 6,5. Oleh sebab itu penelitian menerapkan Model
pembelajaran Think Pair Square (TPS) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil
belajar ilmu pengetahuan sosial siswa.
Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah strategi Think Pair Square (TPS)
dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dalam materi jenis dan
persebaran sumber daya alam di kelas IV Sekolah Dasar 016 Baserah kecamatan
Kuantan Hilir Kabupaten Kuantan singingi, tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah
siswa sebanyak 22 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus
dilakukan dalam 3 kali pertemuan, Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan
baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun
tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: Perencanaan
tindakan, Pelaksanaan tindakan, Observasi, dan Refleksi.
Berdasarkan hasil pengamatan awal, hasil belajar siswa diperoleh persentase
ketuntasan secara klasikal adalah 41% angka ini belum mencapai angka keberhasilan
yang telah ditetapkan dalam penelitian ini. Kemudian berdasarkan hasil tes pada siklus
pertama tingkat hasil belajar siswa mencapai persentase ketuntasan 64%, angka ini
juga belum mencapai angka keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian, oleh
sebab itu siklus selanjutnya dilanjutkan. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan
hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan 100%, artinya angka ini telah
melebihi dari angka keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian, dan dengan
pencapaian nilai 100% ketuntasan secara klasikal, maka penelitian ini dikatakan
berhasil.</description><date>2013-10-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/8274/1/2013_201387PGMI.pdf</identifier><identifier> Eci Lestari, (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID MELALUI STRATEGI THINKPAIR- SQUARE (TPS) PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM MATERI SUMBER DAYA ALAM KITA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 016 KECAMATAN KUANTAN HILIR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>8274</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Eci Lestari, |
title |
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID MELALUI STRATEGI THINKPAIR-
SQUARE (TPS) PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
DALAM MATERI SUMBER DAYA ALAM KITA DI KELAS IV
SEKOLAH DASAR NEGERI 016 KECAMATAN
KUANTAN HILIR KABUPATEN
KUANTAN SINGINGI |
publishDate |
2013 |
topic |
372.2 Sekolah Dasar SD |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/8274/1/2013_201387PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8274/ |
contents |
Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena-fenomena
yang menunjukan rendahnya hasil belajar siswa, yaitu adalah 1) Sebagian murid tidak
dapat menyelesaikan tugas dan Pekerjaan Rumah (PR), 2) Sebagian murid tidak dapat
menjawab post test, 3) Rata-rata nilai harian murid masih rendah yakni di bawah nilai
Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 6,5. Oleh sebab itu penelitian menerapkan Model
pembelajaran Think Pair Square (TPS) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil
belajar ilmu pengetahuan sosial siswa.
Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah strategi Think Pair Square (TPS)
dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dalam materi jenis dan
persebaran sumber daya alam di kelas IV Sekolah Dasar 016 Baserah kecamatan
Kuantan Hilir Kabupaten Kuantan singingi, tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah
siswa sebanyak 22 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus
dilakukan dalam 3 kali pertemuan, Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan
baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun
tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: Perencanaan
tindakan, Pelaksanaan tindakan, Observasi, dan Refleksi.
Berdasarkan hasil pengamatan awal, hasil belajar siswa diperoleh persentase
ketuntasan secara klasikal adalah 41% angka ini belum mencapai angka keberhasilan
yang telah ditetapkan dalam penelitian ini. Kemudian berdasarkan hasil tes pada siklus
pertama tingkat hasil belajar siswa mencapai persentase ketuntasan 64%, angka ini
juga belum mencapai angka keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian, oleh
sebab itu siklus selanjutnya dilanjutkan. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan
hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan 100%, artinya angka ini telah
melebihi dari angka keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian, dan dengan
pencapaian nilai 100% ketuntasan secara klasikal, maka penelitian ini dikatakan
berhasil. |
id |
IOS7815.8274 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:08:44Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:08:44Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821922927411200 |
score |
17.538404 |