PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) PADA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH PULAU TENGAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Agus Saleh,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8271/1/2013_201355PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8271/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah “Untuk Mendeskripsikan Penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Murid Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Pulau Tengah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar”, adapun rumusan masalahnya adalah untuk mendeskripsikan penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dalam meningkatkan hasil belajar matematika murid kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Pulau Tengah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar ?. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu guru yang berperan langsung dalam proses belajar mengajar. Subjek dari penelitian ini dalah murid, sedangkan objeknya adalah Penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan kemampuan Berpikir dan Hasil Belajar Matematika. Adapun murid dari penelitian ini adalah murid yang prestasi belajarnya rendah yaitu murid kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Pulau Tengah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar yang berjumlah 10 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes hasil belajar Matematika murid sebelum dan sesudah tindakan. Sebelum tindakan nilai ratarata murid 57,5 dan setelah adanya tindakan terjadi peningkatan hasil rata-rata murid menjadi 64,5 pada siklus I dan 75,5 pada siklus II. Setelah data diproses sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa Penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi Bangun datar Murid Kelas V Pulau Tengah Kecamatn Tambang Kabupaten Kampar.