PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI MUSYAWARAH SISWA KELAS II MI AMANAH KANDIS KABUPATEN SIAK
Main Author: | Susilawati, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8266/1/2013_201320PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8266/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar. Pendidikan kewarganegaraan (PKn) siswa kelasa II MI Amanah dengan Menggunakan metode Cooperative Learnig. Dimana Hasil Belajar Siswa MI Amanah Kandis belum mencapai hasil maksimal sesuai dengan KKM 65 yang ditetapkan sekolah. Hal ini disebabkan oleh strategi pembelajaran yang di terapkan guru masih monoton dan kurang bervariasi. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian tindakasn kelas. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan Strategi Cooperative Learning. Adapun subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IIMI Amanah Kandis sedangkan objek penelitian ini adalah strategi pembelajaran cooperative learning. Berdasarkan hasil penelitian yang telah di laksanakan melalui dua siklus. Siklus I sebanyak 66,6%, dan setelah diadakan perbaikan pada siklus II maka meningkat dan mencapai jumlah 11dari 12 orang siswa atau sebanyak 91%