PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU EKONOMI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 ROKAN KECAMATAN ROKAN IV KOTO KABUPATEN ROKAN HULU
Main Author: | Jene Warti, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8259/1/2013_201330PIPS-E.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8259/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu persepsi siswa tentang keterampilan mengajar Guru Ekonomi (variabel bebas/indevenden atau variabel X) dan motivasi belajar siswa (variabel dependent/terikat atau variabel Y). Tujuan dalam Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru Ekonomi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ekonomi Kelas XI di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. Sedangkan rumusan masalahnya adalah adakah pengaruh yang signifikan antara Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru Ekonomi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada pembelajaran Ekonomi Kelas XI Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu, sedangkan objeknya adalah Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar guru Ekonomi Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. Populasinya adalah 33 orang siswa, karena sedikitnya jumlah populasi, maka penulis menjadikan populasi sebagai sampel. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah angket, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil dan analisa data ternyata Ha dapat diterima pada taraf signifikan 5% karena ini dibuktikan dari hasil regresi yang menyatakan nilai r hitung 0,627 > nilai r tabel untuk taraf signifikan 5% (0,355) dan 1%(0,456) dari hasil korelasi menyatakan r hitung 0,627 > nilai r tabel baik untuk taraf signifikan 5% dan 1%. Analisa tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru Ekonomi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu sebesar 39,3%