PENGARUH KEMAMPUAN GURU MENCIPTAKAN INTERAKSI DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH DAR EL HIKMAH PEKANBARU

Main Author: Munawaroh,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/823/1/2011_2011536.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/823/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitiaan ini adalah untuk mengetahuai pengaruah kemampuan guru menciptakan interaksi dalam pembelajaran terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran ekonomi Di Madrasah Aliyah Dar El Hikmah Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa sedangkan objeknya adalah kemampuan guru menciptakan interaksi dalam pembelajaran terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran ekonomi Di Madrasah Aliyah Dar El Hikmah Pekanbaru Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah: observasi, angket, dokumentasi. Dalam pengelolaan data kuantitatif penulis menggunakan teknik regresi linier dengan metode kuadrat terkecil dan product moment. Untuk menganalisisnya penulis menggunakan bantuan program SPSS ( Statistik Program Societ Science) versi 16.0. Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa tingkat pengaruh antara kedua variabel yaitu 0.866 Koefisien Determinasi (R Square) adalah 0.751. kontribusi kemampuan guru menciptakan interaksi dalam pembelajaran terhadap keaktifan siswa adalah sebesar 0.751X 100% = 75.1% selebihnya ditentukan oleh variabel lain. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kemampuan guru menciptakan interaksi dalam pembelajaran terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran ekonomi Di Madrasah Aliyah Dar El Hikmah Pekanbaru. Hal ini diketahuai dari diterimanya Ha.