KONTRIBUSI PEMANFAATAN REFERENSI PERPUSTAKAAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU

Main Author: Lastri,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8229/1/2012_2012631.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8229/
ctrlnum 8229
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/8229/</relation><title>KONTRIBUSI PEMANFAATAN REFERENSI PERPUSTAKAAN&#xD; TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA&#xD; PELAJARAN EKONOMI KELAS X&#xD; DI SEKOLAH MENENGAH ATAS&#xD; MUHAMMADIYAH 1&#xD; PEKANBARU</title><creator>Lastri, </creator><subject>373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA</subject><description>Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu Pemanfatan Referensi&#xD; Perpustakaan (variabel bebas/independent atau variabel x) dan Hasil Belajar Siswa&#xD; (variabel terikat/dependent atau variabel y ). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk&#xD; mengetahui apakah ada kontribusi antara pemanfaatan referensi perpustakaan&#xD; terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Muhammadiyah 1&#xD; Pekanbaru.&#xD; Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1&#xD; Pekanbaru, Sedangkan objeknya adalah kontribusi pemanfaatan referensi&#xD; perpustakaan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasinya&#xD; adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 376 orang siswa, karena banyaknya&#xD; jumlah populasi maka penulis mengambil sampel 10% dari jumlah populasi yaitu&#xD; sebanyak 79 orang siswa, Pengumpulan data diambil melalui observasi, angket dan&#xD; dokumentasi. Data yang terkumpul, sesuai dengan jenis penelitian ini adalah&#xD; penelitian korelasi yang kedua variabelnya bersifat interval dan interval, maka data&#xD; dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier, dan penulis menggunakan&#xD; bantuan perangkat komputer melalui program SPSS (statistica Program Society&#xD; Science) versi 16.0 for windows.&#xD; Berdasarkan penyajian dan analisis data, penulis mendapat kesimpulan akhir&#xD; bahwa ada kontribusi antara pemanfaatan referensi perpustakaan terhadap hasil&#xD; belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Muhammadiyah 1&#xD; Pekanbaru, dengan kontribusi Pemanfaatan referensi perpustakaan terhadap hasil&#xD; belajar siswa adalah 0,813 X 100% = 81,3% dan selebihnya dipengaruhi oleh&#xD; variabel lain. Dimana ro(observasi) = 0,813 lebih besar dari rt (tabel). Pada taraf&#xD; signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,217 &lt; 0,813 &gt; 0,283, ini berarti Ha diterima dan&#xD; Ho ditolak.</description><date>2012-10-11</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/8229/1/2012_2012631.pdf</identifier><identifier> Lastri, (2012) KONTRIBUSI PEMANFAATAN REFERENSI PERPUSTAKAAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>8229</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Lastri,
title KONTRIBUSI PEMANFAATAN REFERENSI PERPUSTAKAAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU
publishDate 2012
topic 373.238 Sekolah Menengah Atas
SMA
url http://repository.uin-suska.ac.id/8229/1/2012_2012631.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8229/
contents Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu Pemanfatan Referensi Perpustakaan (variabel bebas/independent atau variabel x) dan Hasil Belajar Siswa (variabel terikat/dependent atau variabel y ). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada kontribusi antara pemanfaatan referensi perpustakaan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru, Sedangkan objeknya adalah kontribusi pemanfaatan referensi perpustakaan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 376 orang siswa, karena banyaknya jumlah populasi maka penulis mengambil sampel 10% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 79 orang siswa, Pengumpulan data diambil melalui observasi, angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul, sesuai dengan jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi yang kedua variabelnya bersifat interval dan interval, maka data dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier, dan penulis menggunakan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS (statistica Program Society Science) versi 16.0 for windows. Berdasarkan penyajian dan analisis data, penulis mendapat kesimpulan akhir bahwa ada kontribusi antara pemanfaatan referensi perpustakaan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru, dengan kontribusi Pemanfaatan referensi perpustakaan terhadap hasil belajar siswa adalah 0,813 X 100% = 81,3% dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain. Dimana ro(observasi) = 0,813 lebih besar dari rt (tabel). Pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,217 < 0,813 > 0,283, ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.
id IOS7815.8229
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:08:42Z
last_indexed 2019-07-31T02:08:42Z
recordtype dc
_version_ 1674821922784804864
score 17.538404