KONTRIBUSI PEMANFAATAN REFERENSI PERPUSTAKAAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU
Main Author: | Lastri, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8229/1/2012_2012631.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8229/ |
ctrlnum |
8229 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/8229/</relation><title>KONTRIBUSI PEMANFAATAN REFERENSI PERPUSTAKAAN
TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA
PELAJARAN EKONOMI KELAS X
DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
MUHAMMADIYAH 1
PEKANBARU</title><creator>Lastri, </creator><subject>373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA</subject><description>Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu Pemanfatan Referensi
Perpustakaan (variabel bebas/independent atau variabel x) dan Hasil Belajar Siswa
(variabel terikat/dependent atau variabel y ). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah ada kontribusi antara pemanfaatan referensi perpustakaan
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Muhammadiyah 1
Pekanbaru.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1
Pekanbaru, Sedangkan objeknya adalah kontribusi pemanfaatan referensi
perpustakaan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasinya
adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 376 orang siswa, karena banyaknya
jumlah populasi maka penulis mengambil sampel 10% dari jumlah populasi yaitu
sebanyak 79 orang siswa, Pengumpulan data diambil melalui observasi, angket dan
dokumentasi. Data yang terkumpul, sesuai dengan jenis penelitian ini adalah
penelitian korelasi yang kedua variabelnya bersifat interval dan interval, maka data
dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier, dan penulis menggunakan
bantuan perangkat komputer melalui program SPSS (statistica Program Society
Science) versi 16.0 for windows.
Berdasarkan penyajian dan analisis data, penulis mendapat kesimpulan akhir
bahwa ada kontribusi antara pemanfaatan referensi perpustakaan terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Muhammadiyah 1
Pekanbaru, dengan kontribusi Pemanfaatan referensi perpustakaan terhadap hasil
belajar siswa adalah 0,813 X 100% = 81,3% dan selebihnya dipengaruhi oleh
variabel lain. Dimana ro(observasi) = 0,813 lebih besar dari rt (tabel). Pada taraf
signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,217 < 0,813 > 0,283, ini berarti Ha diterima dan
Ho ditolak.</description><date>2012-10-11</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/8229/1/2012_2012631.pdf</identifier><identifier> Lastri, (2012) KONTRIBUSI PEMANFAATAN REFERENSI PERPUSTAKAAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>8229</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Lastri, |
title |
KONTRIBUSI PEMANFAATAN REFERENSI PERPUSTAKAAN
TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA
PELAJARAN EKONOMI KELAS X
DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
MUHAMMADIYAH 1
PEKANBARU |
publishDate |
2012 |
topic |
373.238 Sekolah Menengah Atas SMA |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/8229/1/2012_2012631.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8229/ |
contents |
Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu Pemanfatan Referensi
Perpustakaan (variabel bebas/independent atau variabel x) dan Hasil Belajar Siswa
(variabel terikat/dependent atau variabel y ). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah ada kontribusi antara pemanfaatan referensi perpustakaan
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Muhammadiyah 1
Pekanbaru.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1
Pekanbaru, Sedangkan objeknya adalah kontribusi pemanfaatan referensi
perpustakaan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasinya
adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 376 orang siswa, karena banyaknya
jumlah populasi maka penulis mengambil sampel 10% dari jumlah populasi yaitu
sebanyak 79 orang siswa, Pengumpulan data diambil melalui observasi, angket dan
dokumentasi. Data yang terkumpul, sesuai dengan jenis penelitian ini adalah
penelitian korelasi yang kedua variabelnya bersifat interval dan interval, maka data
dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier, dan penulis menggunakan
bantuan perangkat komputer melalui program SPSS (statistica Program Society
Science) versi 16.0 for windows.
Berdasarkan penyajian dan analisis data, penulis mendapat kesimpulan akhir
bahwa ada kontribusi antara pemanfaatan referensi perpustakaan terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Muhammadiyah 1
Pekanbaru, dengan kontribusi Pemanfaatan referensi perpustakaan terhadap hasil
belajar siswa adalah 0,813 X 100% = 81,3% dan selebihnya dipengaruhi oleh
variabel lain. Dimana ro(observasi) = 0,813 lebih besar dari rt (tabel). Pada taraf
signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,217 < 0,813 > 0,283, ini berarti Ha diterima dan
Ho ditolak. |
id |
IOS7815.8229 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:08:42Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:08:42Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821922784804864 |
score |
17.538404 |