PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS V SEKOLAH DASAR TARBIYAH ISLAMIYAH BATUBELAH KECAMATAN KAMPAR

Main Author: Meli Hayati,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8205/1/2012_2012893.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8205/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains di kelas V SD TI Batubelah Kecamatan Kampar melalui penerapan model pembelajaran CTL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilakukan sebanyak 3 (tiga) siklus dan setiap siklus terdiri dari 1 (satu) kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD TI Batubelah Kecamatan Kampar berjumlah 17 orang, dan objek penelitian adalah hasil belajar siswa dengan model pembelajaran CTL. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi, instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan soal tes. Analisis ketuntasan berdasarkan skor yang diperoleh siswa sebelum tindakan dengan ketuntasan klasikal 35,30%, sedangkan ketuntasan klasikal setelah tindakan pada setiap siklusnya yaitu: siklus I = 41,17%, siklus II = 82,35%, dan siklus III = 86,7%. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis tindakan, diperoleh kesimpulan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains di SD Tarbiyah Islamiah Batubelah Kecamatan Kampar . Hal ini dapat dilihat dari analisis ketuntasan belajar siswa kelas V SD TI Batubelah Kecamatan Kampar setelah tindakan. Dari analisis ketuntasan secara individual, seluruh siswa tuntas dalam proses pembelajaran dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal adalah 86,7%.