PENGARUH PEMBELAJARAN MATERI SOSIALISASI DAN PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI TERHADAP PEMBENTUKAN PERILAKU SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 001 KAMPAR UTARA
Main Author: | Yeni Susanti, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8198/1/2012_2012494.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8198/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pembelajaran materi sosialisasi dan pembentukan kepribadian (variabel bebas/independen atau variabel X) dan dependent/terikat atau variabel Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh nilai pembelajaran materi sosialisasi dan pembentukan kepribadian pada mata pelajaran sosiologi terhadap nilai perilaku siswa kelas X SMA N 001 Kampar Utara. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sosiologi dan siswa kelas X SMA N 001 Kampar Utara, sedangkan objek adalah pengaruh nilai pembelajaran materi sosialisasi dan pembentukan kerpibadian pada mata pelajaran sosiologi terhadap nilai perilaku siswa. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 160 orang siswa. Karena banyaknya jumlah populasi maka penulis mengambil sampel 50% kelonggaran ketidaktelitian pengambilan sampel, dari jumlah populasi yaitu sebanyak 80 orang siswa. Pengumpulan data diambil melalui tes dan angket. Data yang terkumpul, sesuai dengan jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi yang kedua variabelnya bersifat interval dan interval, maka data dianalisis dengan menggunakan tekhnik korelasi product moment , dan penulis menggunakan bantuan perangkat melalui program SPSS (Statistica Program Society Science) versi 16.0 For windows. Setelah melakukan penelitian, penulis mendapat kesimpulan akhir bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari nilai pembelajaran materi sosialisasi dan pembentukan kepribadian pada mata pelajaran sosiologi terhadap nilai perilaku siswa kelas X SMA N 001 Kampar Utara, dengan mengetahui bahwa ro= 0,409 jauh lebih besar dari pada “r” tabel pada taraf 5% dan taraf 1% 0,217<0,408>0,283