HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP IMPLEMENTASI DESAIN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN EKONOMI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI MADRASAH ALIYAH ASY-SYAFI’IYAH AIR TIRIS
Main Author: | Emi Juita, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8197/1/2012_2012492.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8197/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu persepsi siswa terhadap implementasi desain pembelajaran mata pelajaran ekonomi (variabel bebas/independent atau variabel X) dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (variabel dependent/terikat atau variabel Y). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara Persepsi Siswa Terhadap Implementasi Desain Pembelajaran Mata Pelajaran Ekonomi Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Asy-Syafi’iyah Airtiris. Sedangkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa terhadap implementasi desain pembelajaran mata pelajaran ekonomi dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Asy-Syafi’iyah Airtiris. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Asy-Syafi’iyah Airtiris, sedangkan objeknya adalah Persepsi Siswa Terhadap Implementasi Desain Pembelajaran Mata Pelajaran Ekonomi Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Asy-Syafi’iyah Airtiris. Populasi pada penelitian ini berjumlah 27 orang siswa, karena populasinya sedikit maka semua populasi dijadikan sebagai sampel. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan analisis korelasi product moment dengan bantuan perangkat komputer program SPSS for windows versi 18.0. Setelah melakukan penelitian, penulis mendapat kesimpulan akhir bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Persepsi Siswa Terhadap Implementasi Desain Pembelajaran Mata Pelajaran Ekonomi Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Asy-Syafi’iyah Airtiris, dengan konstribusi persepsi siswa terhadap implementasi desain pembelajaran mata pelajaran ekonomi dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi adalah 0.513x100%=51,3% dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain. Diman rxy (observasi/R Square) 0.513, dengan df = 27-2, lebih besar dari rt (tabel) pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0.381 <0.513>0.478 ini berarti Ha diterima, HO ditolak.