PENGARUH PERSEPSI DAN MINAT SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TERPADU KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 PAGARANTAPAH DARUSSALAM KABUPATEN ROKAN HULU

Main Author: Efdiyanti,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8157/1/2012_2012225.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8157/
ctrlnum 8157
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/8157/</relation><title>PENGARUH PERSEPSI DAN MINAT SISWA TERHADAP HASIL&#xD; BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN&#xD; SOSIAL TERPADU KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH&#xD; PERTAMA NEGERI 1 PAGARANTAPAH DARUSSALAM&#xD; KABUPATEN ROKAN HULU</title><creator>Efdiyanti, </creator><subject>373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP</subject><description>Penelitian ini terdiri tiga variabel, yaitu persepsi (variabel&#xD; bebas/independen/variabel X1), minat siswa (variabel bebas/independen/variabel X2), dan&#xD; hasil belajar siswa (variabel dependen/terikat/variabel Y). Permasalahan yang menjadi kajian&#xD; dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara persepsi dan minat&#xD; siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII di&#xD; SMP Negeri 1 Pagarantapah secara parsial maupun simultan. Tujuan dari penelitian ini&#xD; adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara persepsi dan minat&#xD; siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII di&#xD; SMP Negeri 1 Pagarantapah secara parsial maupun simultan.&#xD; Subjek dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas VIII di SMP Negeri 1&#xD; Pagarantapah, sedangkan objeknya adalah pengaruh persepsi dan minat siswa terhadap hasil&#xD; belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII. Populasinya adalah&#xD; seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 92 siswa, karena jumlah siswa nya kurang dari 100&#xD; maka diambil semuanya dan penelitian ini dinamakan penelitian populasi. Pengumpulan data&#xD; diambil melalui angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul, sesuai dengan jenis&#xD; penelitian ini yaitu penelitian tiga variabel, variabel pertama (X1) dan variabel kedua (X2)&#xD; bersifat ordinal maka data tersebut diubah menjadi data interval terlebih dahulu. Variabel&#xD; ketiga (Y) bersifat data nominal yang diintervalkan maka penulis menggunakan rumus&#xD; regresi ganda dengan bantuan perangkat komputer program SPSS for windows Versi 16.0.&#xD; Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan kesimpulan akhir bahwa secara&#xD; parsial, persepsi terhadap hasil belajar siswa berpengaruh dikategorikan sedang sebesar&#xD; 8.17%,minat siswa terhadap hasil belajar siswa berpengaruh dikategorikan lemah sebesar&#xD; 0.23%. Sedangkan secara simultan, pengaruh persepsi dan minat siswa terhadap hasil belajar&#xD; siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII di SMP Negeri 1&#xD; Pagarantapah, dengan Konstribusi persepsi dan minat siswa terhadap hasil belajar siswa&#xD; adalah 0.075 X 100% = 7.5% selebihnya ditentukan oleh variabel lain. Dimana&#xD; (observasi/R SQuart) 0.075, dengan dk = 89, lebih besar dari (tabel) pada taraf&#xD; signifikan 5% maupun 1% yaitu 0.205&gt;0.075&gt;0.267, ini berarti Ha ditolak, Ho diterima.</description><date>2012-10-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/8157/1/2012_2012225.pdf</identifier><identifier> Efdiyanti, (2012) PENGARUH PERSEPSI DAN MINAT SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TERPADU KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 PAGARANTAPAH DARUSSALAM KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>8157</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Efdiyanti,
title PENGARUH PERSEPSI DAN MINAT SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TERPADU KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 PAGARANTAPAH DARUSSALAM KABUPATEN ROKAN HULU
publishDate 2012
topic 373.236 Sekolah Menengah Pertama
SMP
url http://repository.uin-suska.ac.id/8157/1/2012_2012225.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8157/
contents Penelitian ini terdiri tiga variabel, yaitu persepsi (variabel bebas/independen/variabel X1), minat siswa (variabel bebas/independen/variabel X2), dan hasil belajar siswa (variabel dependen/terikat/variabel Y). Permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara persepsi dan minat siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII di SMP Negeri 1 Pagarantapah secara parsial maupun simultan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara persepsi dan minat siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII di SMP Negeri 1 Pagarantapah secara parsial maupun simultan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas VIII di SMP Negeri 1 Pagarantapah, sedangkan objeknya adalah pengaruh persepsi dan minat siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 92 siswa, karena jumlah siswa nya kurang dari 100 maka diambil semuanya dan penelitian ini dinamakan penelitian populasi. Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul, sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu penelitian tiga variabel, variabel pertama (X1) dan variabel kedua (X2) bersifat ordinal maka data tersebut diubah menjadi data interval terlebih dahulu. Variabel ketiga (Y) bersifat data nominal yang diintervalkan maka penulis menggunakan rumus regresi ganda dengan bantuan perangkat komputer program SPSS for windows Versi 16.0. Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan kesimpulan akhir bahwa secara parsial, persepsi terhadap hasil belajar siswa berpengaruh dikategorikan sedang sebesar 8.17%,minat siswa terhadap hasil belajar siswa berpengaruh dikategorikan lemah sebesar 0.23%. Sedangkan secara simultan, pengaruh persepsi dan minat siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII di SMP Negeri 1 Pagarantapah, dengan Konstribusi persepsi dan minat siswa terhadap hasil belajar siswa adalah 0.075 X 100% = 7.5% selebihnya ditentukan oleh variabel lain. Dimana (observasi/R SQuart) 0.075, dengan dk = 89, lebih besar dari (tabel) pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0.205>0.075>0.267, ini berarti Ha ditolak, Ho diterima.
id IOS7815.8157
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:08:42Z
last_indexed 2019-07-31T02:08:42Z
recordtype dc
_version_ 1674821922333917184
score 17.538404