PENGARUH PERSEPSI DAN MINAT SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TERPADU KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 PAGARANTAPAH DARUSSALAM KABUPATEN ROKAN HULU
Main Author: | Efdiyanti, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8157/1/2012_2012225.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8157/ |
ctrlnum |
8157 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/8157/</relation><title>PENGARUH PERSEPSI DAN MINAT SISWA TERHADAP HASIL
BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN
SOSIAL TERPADU KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH
PERTAMA NEGERI 1 PAGARANTAPAH DARUSSALAM
KABUPATEN ROKAN HULU</title><creator>Efdiyanti, </creator><subject>373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP</subject><description>Penelitian ini terdiri tiga variabel, yaitu persepsi (variabel
bebas/independen/variabel X1), minat siswa (variabel bebas/independen/variabel X2), dan
hasil belajar siswa (variabel dependen/terikat/variabel Y). Permasalahan yang menjadi kajian
dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara persepsi dan minat
siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII di
SMP Negeri 1 Pagarantapah secara parsial maupun simultan. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara persepsi dan minat
siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII di
SMP Negeri 1 Pagarantapah secara parsial maupun simultan.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas VIII di SMP Negeri 1
Pagarantapah, sedangkan objeknya adalah pengaruh persepsi dan minat siswa terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII. Populasinya adalah
seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 92 siswa, karena jumlah siswa nya kurang dari 100
maka diambil semuanya dan penelitian ini dinamakan penelitian populasi. Pengumpulan data
diambil melalui angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul, sesuai dengan jenis
penelitian ini yaitu penelitian tiga variabel, variabel pertama (X1) dan variabel kedua (X2)
bersifat ordinal maka data tersebut diubah menjadi data interval terlebih dahulu. Variabel
ketiga (Y) bersifat data nominal yang diintervalkan maka penulis menggunakan rumus
regresi ganda dengan bantuan perangkat komputer program SPSS for windows Versi 16.0.
Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan kesimpulan akhir bahwa secara
parsial, persepsi terhadap hasil belajar siswa berpengaruh dikategorikan sedang sebesar
8.17%,minat siswa terhadap hasil belajar siswa berpengaruh dikategorikan lemah sebesar
0.23%. Sedangkan secara simultan, pengaruh persepsi dan minat siswa terhadap hasil belajar
siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII di SMP Negeri 1
Pagarantapah, dengan Konstribusi persepsi dan minat siswa terhadap hasil belajar siswa
adalah 0.075 X 100% = 7.5% selebihnya ditentukan oleh variabel lain. Dimana
(observasi/R SQuart) 0.075, dengan dk = 89, lebih besar dari (tabel) pada taraf
signifikan 5% maupun 1% yaitu 0.205>0.075>0.267, ini berarti Ha ditolak, Ho diterima.</description><date>2012-10-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/8157/1/2012_2012225.pdf</identifier><identifier> Efdiyanti, (2012) PENGARUH PERSEPSI DAN MINAT SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TERPADU KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 PAGARANTAPAH DARUSSALAM KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>8157</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Efdiyanti, |
title |
PENGARUH PERSEPSI DAN MINAT SISWA TERHADAP HASIL
BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN
SOSIAL TERPADU KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH
PERTAMA NEGERI 1 PAGARANTAPAH DARUSSALAM
KABUPATEN ROKAN HULU |
publishDate |
2012 |
topic |
373.236 Sekolah Menengah Pertama SMP |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/8157/1/2012_2012225.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8157/ |
contents |
Penelitian ini terdiri tiga variabel, yaitu persepsi (variabel
bebas/independen/variabel X1), minat siswa (variabel bebas/independen/variabel X2), dan
hasil belajar siswa (variabel dependen/terikat/variabel Y). Permasalahan yang menjadi kajian
dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara persepsi dan minat
siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII di
SMP Negeri 1 Pagarantapah secara parsial maupun simultan. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara persepsi dan minat
siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII di
SMP Negeri 1 Pagarantapah secara parsial maupun simultan.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas VIII di SMP Negeri 1
Pagarantapah, sedangkan objeknya adalah pengaruh persepsi dan minat siswa terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII. Populasinya adalah
seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 92 siswa, karena jumlah siswa nya kurang dari 100
maka diambil semuanya dan penelitian ini dinamakan penelitian populasi. Pengumpulan data
diambil melalui angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul, sesuai dengan jenis
penelitian ini yaitu penelitian tiga variabel, variabel pertama (X1) dan variabel kedua (X2)
bersifat ordinal maka data tersebut diubah menjadi data interval terlebih dahulu. Variabel
ketiga (Y) bersifat data nominal yang diintervalkan maka penulis menggunakan rumus
regresi ganda dengan bantuan perangkat komputer program SPSS for windows Versi 16.0.
Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan kesimpulan akhir bahwa secara
parsial, persepsi terhadap hasil belajar siswa berpengaruh dikategorikan sedang sebesar
8.17%,minat siswa terhadap hasil belajar siswa berpengaruh dikategorikan lemah sebesar
0.23%. Sedangkan secara simultan, pengaruh persepsi dan minat siswa terhadap hasil belajar
siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII di SMP Negeri 1
Pagarantapah, dengan Konstribusi persepsi dan minat siswa terhadap hasil belajar siswa
adalah 0.075 X 100% = 7.5% selebihnya ditentukan oleh variabel lain. Dimana
(observasi/R SQuart) 0.075, dengan dk = 89, lebih besar dari (tabel) pada taraf
signifikan 5% maupun 1% yaitu 0.205>0.075>0.267, ini berarti Ha ditolak, Ho diterima. |
id |
IOS7815.8157 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:08:42Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:08:42Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821922333917184 |
score |
17.538404 |