PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS MADRASAH ALIYAH ASY-SYAFI’IYAH AIR TIRIS
Main Author: | Murdiati, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8149/1/2012_2012113.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8149/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu kecerdasan emosional siswa (variabel bebas/indevenden atau variabel X) dan Prestasi belajar mata pelajaran ekonomi (variabel dependent/terikat atau variabel Y). Tujuan dalam Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Asy-Syafi’iyah Air Tiris. Sedangkan rumusan masalahnya adalah adakah pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS MA Asy Syafi’iyah Air Tiris. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MA Asy Syafi’iyah Air Tiris, sedangkan objeknya adalah pengaruh Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Populasinya adalah 27 orang siswa, karena sedikitnya jumlah populasi, maka penulis tidak mengambil sampel. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil dan analisa data ternyata Ha dapat diterima pada taraf signifikan 5% karena ini dibuktikan dari hasil regresi yang menyatakan nilai f hitung 8,938 > nilai f tabel 4,24 dan dari hasil korelasi menyatakan t hitung 2,990 > nilai t tabel 2,06. Dari analisa tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS Madrasah Aliyah Asy Syafi’iyah Air Tiris.